Otak Penjambret di Ambon Terpaksa Ditembak Polisi

by
Para tersangka kasus penjambretan di wilayah Kota Ambon digiring ke Mapolresta Ambon, Jumat (20/3/2020). Mereka ditangkap di sejumlah lokasi, tersangka utama terpaksa ditembak polisi. FOTO : HUMAS POLRESTA AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Aparat Satuan Reskrim Polresta Ambon berhasil menangkap otak penjambretan yang selama ini terjadi di Kota Ambon. Pelaku utama ini diketahui berinisial BP. Ia tertangkap di rumah keluarganya di BTN Passo Indah, Kecamatan Baguala Kota Ambon. Pelaku utama itu sempat melawan dan ingin melarikan diri sehingga polisi terpaksa melumpuhkannya dengan timah panas di kakinya.

Kapolresta Ambon Kombes Pol Leo Nugraha Simatupang kepada wartawan di Mapolresta, Jumat (20/3/2020) mengatakan, aparat kepolisian berhasil menangkap empat anak buah BP terlebih dahulu. Mereka berinisial YL,YH,LK dan AMP di Desa Allang Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah. “Kemudian yang terakhir kita lakukan penangkapan terhadap BP, sebagai pelaku utama yang bersembunyi di rumah keluarganya di BTN Passo Indah,” kata Leo.

Loading...

Selain pelaku, kata Kapolresta,  pihaknya juga menangkap lima orang penadah barang hasil jambret yakni berinisial VS, CM, RH, JU, dan HO, serta mengamankan barang bukti. “Kita telah menangkap komplotan mulai dari pelaku hingga penadah kami tangkap, kami telah mengungkap kasusnya di 33 TKP di seluruh wilayah kota Ambon,” katanya.

Barang bukti hasil kejahatan yang berhasil di situ adalah empat unit motor yang digunakan untuk melakukan aksi, dua unit laptop, tiga unit notebook, 14 handphone, dan uang tunai sebanyak Rp. 4.350.000.”Seluruh barang bukti yang dijambrek sudah kita dapatkan. Sasaran para tersangka dalam aksi mereka adalah anak-anak, perempuan dan orang tua,” ungkap Kapolresta Ambon.

Kapolresta mengataka para pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. “Sedangkan untuk penadah diancam dengan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” kata Kapolresta. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *