OTG Covid-19 Jalani Perawatan di Luar Rumah Sakit

by
Balai diklat badan pengembangan sumber daya manusia (BPSDM) Maluku yang dijadikan tempat isolasi OTG, (13/4). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Tim gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 punya strategi khusus dalam merawat pasien terpapar virus corona. Pasien yang datang tanpa gejala keluhan (OTG) dan yang bergejala mendapat perawatan terpisah.

BACA JUGA : Tambah Lagi 2 Kasus Positif Covid-19 di Maluku Dari Hasil Lacak Pasien 02

Keputusan itu diambil lantaran ada keterbatasan ruang isolasi di rumah sakit serta kemungkinan pertambahan jumlah pasien. Seperti yang dilakukan di Jakarta, dan beberapa kota besar ada tempat isolasi khusus non-rumah sakit untuk mengantispasi lonjakan.

Saat memberikan keterangan pers Senin(13/4/2020) sore, Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan COVID -19 Maluku, Kasrul Selang menyatakan ada dua lokasi khusus pasien. Yaitu ruang isolasi rumah sakit dan diklat. “Kita manfaatkan diklat seperti LPMP dan diklat punya kita (provinsi) sebagai tempat isolasi. Yang bergejala,” jelas dia.

Loading...

Untuk saat ini pasien-pasien dengan hasil tes laboratoium positif dan bergejela dirawat di ruang isolasi rumah sakit. Sementara yang tidak punya gejala atau dalam kondisi sehat mendapat perawatan di beberapa balai diklat provinsi yang telah ditetapkan.

Mereka yang mendapat perawatn di  rumah sakit telah menjalani pemeriksaan ketat dan membutuhkan beberapa perlatan khusus. Semisal ventilator atau alat bantu napas dan infus.

Sementara mereka yang OTG atau orang tanpa gejala dan keluhan umumnya punya hasil pemeriksaan klinis yang stabil. Seperti tidak dengan batuk, sesak napas, demam dan lain sebagaianya. Mereka ini yang dikelompokkan oleh tim gugus tugas pada lokasi non-rumah sakit.

Sementara itu untuk para pelaku perjalanan atau yang bukan termasuk pasien saat ini tengah dirawat di balai diklat kementerian agama Ambon, Waiheru. “Yang semantara ada 73 orang. mereka ada yang hari pertama keluar, atau dua hari saja lalu balik ke tempat tujuan,” sebutnya. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *