Pabrik Plastik Bakal Dibangun di Toisapu

by
Sejumlah pelajar dari SMA Yayasan Lentera Ambon, membersihkan sampah plastik yang berserahan di obyek wisata Pantai Namalatu, Ambon, Maluku.. Gerakan sadar sampah dengan tema Keep Ambon Clean atau Pelihara Ambon tetap Bersih ini, diprakarsai para pelajar asal Indonesia yang bersekolah di Westridge School USA, yang tergabung dalam English Language Volunteer Program. (ANTARA FOTO/Embong Salampessy)

“Warga kota Ambon dipastikan tidak akan membuang sampah sembarangan. Namun, akan memilah sampah yang memiliki nilai ekonomis untuk diproduksi,” ujarnya.

Ia mengakui, pembangunan pabrik dipastikan tidak perlu lagi dipasarkan sampah plastik ke luar Ambon. “Dipastikan pengolahan dilakukan di Ambon dan yang terpenting volume sampah plastik akan berkurang dampaknya bagi lingkungan, ” kata Luzia.

Secara tidak sadar, lanjutnya, penggunaan plastik mungkin sudah menjadi zona nyaman bagi banyak orang. Saat berbelanja, kemasan dan kantong plastik juga menjadi alternatif yang praktis, mudah didapatkan tetapi membawa dampak buruk bagi lingkungan.

“Tetapi bagi para pelaku industri, bahan plastik juga relatif murah dibandingkan material lainnya. Kita berharap kehadiran pabrik pengolahan plastik dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam pengurangan sampah dan dampaknya bagi lingkungan, ” tandas Luzia.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut
Editor : Alex Sariwating