Paket Wisata, Mudahkan Wisatawan Berlibur ke Pulau Buru

by
Pantai Wisata Jikumarasa di Kabupaten Buru, menjadi salah satu lokasi wisata terbaik di Maluku. Foto diambil Jumat (20/4). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA- Kemudahan mengakses internet memberi ruang tanpa batas bagi siapa saja. Informasi apapun yang dicari tersedia hanya dalam satu kali klik. Mulai dari jejaring sosial, transaksi digital hingga bisnis. Akses jalan mungkin saja susah, namun kecepatan informasi di dunia maya menjadi jembatan digital bebas hambatan yang menjangkau hingga ke pelosok pedalaman daerah.

Hal itu pula yang menginspirasi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru Istanto Setyahadi untuk memudahkan para wisatawan datang ke Pulau Buru. Dulu manakala internet belum sekencang saat ini informasi tentang Pulau Buru sangatlah Terbatas. Yang ada hanya foto foto lama atau tulisan tulisan dari para peneliti yang pernah ke sana.

Menikmati sunset di puncak Kota Namlea, Pulau Buru

Namun saat ini berbagai tulisan tentang Buru jamak ditemui. “Sekarang mau cari tinggal tulis di google. Karena itu beta mau coba bikin terobosan dalam pariwisata Buru,” ungkap Istanto kepada Terasmaluku.com, Jumat 27 April. Meski masa tugasnya baru tiga tahun di Dinas Pariwisata Buru, berbagai gebrakan anyar sudah terlihat.

Selain fisik, pembangunan non fisik pun kian digencarkan. Yakni dengan membuka paket wisata di Pulau Buru. Hal ini memang terdengar asing. Pasalnya kita kerap menjumpai paket paket wisata yang ditawarkan oleh pihak hotel, travel agent, atau komunitas Traveling. Paket wisata yang ditawarkan bakal dimasukan ke dalam laman resmi Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buru.

Tempat wisata andalan Pulau Buru seperti Pantai Jikumarasa dan Danau Rana sudah pasti masuk dalam daftar tempat wajib dikunjungi di Buru. “Kita nanti coba kasi masuk agrowisatanya, atraksi budaya, atau menikmati sunset dari atas bukit,” lanjut Istanto. Menurutnya, di Buru  terdapat puluhan hotel dan penginapan atau 500 kamar hotel dan penginapan dengan fasilitas yang baik untuk menerima pengunjung.

loading...

Istanto menyebutkan, Pulau Buru memiliki keunggulan dari lokasi wisata lainnya di wilayah Maluku. Transportasi laut, udara  yang murah dan lancar menjadi modal untuk menarik kunjungan orang ke Pulau Buru. “Kalau lokasi wisata kita punya segalanya, sama juga dengan Tual misalnya. Tapi kita punya keunggulan, seperti ada agrowisata, di tempat lain tidak. Ada Danau Rana, ke Buru juga murah dan lancar transportasinya baik jalur pesawat maupun laut dengan kapal fery dan kapal cepat serta kapal Pelni,” kata Istanto.

Persawahan di Buru

Event event dalam setahun pun akan dikoneksikan dengan rancangan paket wisata tersebut. Namun Istanto  menyadari akses jalan dan lokasi amat berpengaruh terhadap waktu tempuh dan akomodasi. Karena itu pihaknya bersama Pemkab Buru tengah melakukan pengembangan serta pembangunan infrastruktur untuk memangkas faktor x tersebut. Tak hanya itu kemajuan program dan goal budang pariwisata juga bisa terlaksana  berkat kerjasama dengan para traveler lokal yang sedang gencar di sosial Media.

Dia berencana menggandeng komunitas lokal atau anak muda untuk bersama sama mempromosikan destinasi wisata Pulau Buru. Semisal promosi kekinian melalui selebgram atau anak muda yang punya banyak follower dan mampu menjangkau banyak kalangan. Pendekatan semacam itu dinilainya akan jauh lebih efektif dibanding hanya mengandalkan cara offline. Itu artinya kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk melakakun banyak hal bermanfaat. “Ya saya rencanakan juga mau ada pelantikan GENPI BURU,” imbuhnya. Dengan begitu aktifitas kepariwisataan makin berkembang.(BIR)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *