Pakta Integritas, ASN yang Purnabakti Wajib Pulangkan Aset Negara

by
Pemerintah Kota Ambon menandatangani pakta integritas pengembalian aset negara usai masa tugas bersama KPK, (19/3). FOTO: Dok. Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, – ASN Pemerintah Kota Ambon harus mengembalikan aset negara bergerak maupun tidak bergerak jika sudah lewat purnabakti. Hal itu tertuang dalam penandatanganan pakta integritas untuk mengembalikan aset negara oleh pemerintah kota bersama KPK.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan penandatangaan kesepakatan atau janji itu sebagai komitmen pemerintah kota serta integritas bekerja.

“Walikota, wakil walikota, sekot, dan asisten II baru saja mendandatangani pakta integritas sebagai komitmen kita dengan KPK,” ungkap Richard dalam apel pagi penerimaan CPNS baru di Balai Kota Ambon, (19/3/2021).

Aset negara yang dimaksud seperti mobil dan sepeda motor. Richard menegaskan kesepakatan bersama KPK itu nantinya akan diikuti oleh pagawai pemkot lain yang selesai masa tugas.

Aset yang dititpkan selama masa tugas, tidak dapat lagi dibawa pulang. Aset-aset itu harus dikembalikan kepada negara dan akan berada dalam pemantauan khusus KPK.

“Yang sudah selesai itu harus dibawa pulang, KPK awasi. Adakalanya pejabat mutasi kendaraan mutasi lagi. Ini ndak boleh,” tambahnya.

Menurut dia dengan pakta integritas ini semua pergerakan dan aturan diawasi oleh KPK. Kecuali aset dimaksud masuk dalam syarat pemutihan. Pejabat bersangkutan diperbolehkan mengajukan kepemilikan jika sudah penuhi syarat pemutihan aset.

“Kalau kendaraan lewat waktu pemutihan, silahkan saja, sesuai aturan. Bilang bayar ya bayar silahkan,” katanya merestui.

Kesepakatan bersama KPK itu juga sebagai bukti keseriusan pemerintahannya untuk menjaga aset serta meningkatkan integritas pejabat negara. (PRISKA BIRAHY)