Pangan Lokal Akan Dijual di Gerai Modern Kota Ambon

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Setelah melakukan pelatihan pengembangan produk unggulan daerah berbasis pangan lokal, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berencana memasukan hasil olahan pangan lokal masyarakat di seluruh gerai Indomaret, Alfamidi dan market yang ada di Kota Ambon.

“Kita akan buat aturan untuk menampung olahan masyarakat di seluruh gerai moderen di kota Ambon,” kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada wartawan di Ambon, Senin (7/6/2021).

Richard mengaku, olahan pangan lokal yang dijual di gerai modern ini agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

Sebab, lanjut Richard, dari bahan lokal yang ada di Kota Ambon saja, bisa menghasilkan sebanyak 360 jenis makanan kering untuk peningkatan ekonomi.

“Untuk bahan pangan lokal saja, bisa diolah menjadi 360 jenis makanan ringan kering. Nah pangan lokal tersebut harus bisa dipasarkan di gerai-gerai modern sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Richard.

Dia mengatakan, bahan makanan lokal yang bisa diolah adalah, Ikan, pisang, ubi hingga terong. Semuanya bisa diolah menjadi makanan ringan yang bernilai jual tinggi.

“Harga bahan makanannya hanya puluhan ribu, tapi jika sudah dalam kemasan bisa untung hingga mencapai ratusan ribu,” kata Walikota.

Dia berharap masyarakat yang mengikuti pelatihan ini bisa memanfaatkan produk pangan lokal untuk meningkatkan ekonomi mereka.(ALFIAN)