Pangdam Buka Latihan Pratugas Yonif 731/Kabaresi Untuk Operasi Pengamanan

by
Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto menyampaikan pengarahan saat membuka latihan pratugas Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) 731/Kabaresi di Aula Yonif 731/Kabaresi Amahai Maluku Tengah, Senin, (16/4).

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto membuka latihan pratugas Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) 731/Kabaresi, dalam rangka operasi Pengaman Daerah Rawan (Pamrahwan) di wilayah Maluku dan Maluku Utara di Aula Yonif 731/Kabaresi Desa Haruru Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah, Senin, (16/4).

Sebelum membuka acara tersebut, Pangdam yang  didampingi Inspektorat Kodam (Irdam) XVI/ Pattimura, Kolonel Inf Karef Marpaung bersama penjabat Kodam, menerima paparan dari Danrem 151/ Binaiya, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru di Ruang Yudha Makoyonif 731/Kabaresi.

Setelah menerima paparan dari Danrem tentang kesiapan latihan pratugas Yonif 731/Kabaresi, Pangdam menuju ke Aula Makoyonif 731 Kabaresi yang disambut pelaksanaan yel-yel oleh seluruh personil Yonif 731 Kabaresi dengan gemuruh dan semangat serta dilanjutkan pengarahan oleh Pangdam.

Dalam kegiatan tersebut sekitar 650 orang diantaranya 150 orang tim penilai dan 500 orang pelaku pratugas mendapat pengarahan dari Pangdam. Di hadapan para peserta latihan, Pangdam mengatakan Yonif 731/ Kabaresi sudah dikenal oleh masyarakat Maluku dan Maluku Utara, untuk itu Satgas ditugaskan melindungi masyarakat dan harus dibekali dengan komunikasi massa agar dapat menunjang pelaksanaan tugas.

“Seperti penampilan anggota harus baik di depan masyarakat dengan tidak berbuat semena-mena (Arogan) kepada masyarakat. Serta harus tetap waspada dan mengantisipasi segala macam bentuk penonjolan situasi, dan tetap menjaga silaturahmi antar umat beragama,” kata Pangdam. Pangdam juga menegaskan, menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 27 Juni 2018, personil Satgas Yonif 731/Kabaresi dapat menjaga netralitasnya.

Dalam kegiatan tersebut Mayjen TNI Suko Pranoto sebagai komandan Latihan (Danlat) pratugas Yonif 731/Kabaresi  dan Kolonel inf Christian Tehuteru sebagai Wadanlat latihan pratugas latihan pratugas. Turut hadir dalam pembukaan pratugas tersebut  Waasops, Dandim 1502/ Masohi, Wakil Bupati Malteng dan unsur Muspida Maluku Tengah lainnya. (ADV)