Pangdam dan Kapolda Kunjungi Aboru, Mengejutkan Ini Yang Terjadi

by
Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar bersama rombongan mengunjungi Desa Aboru Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (29/9/2020). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman menggelar kunjungan silaturahmi di Desa Aboru, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Selasa (29/9/2020). Aboru selama ini dikenal desa yang sering terjadi pengibaran bendera RMS pada HUT RMS 25 April.

Kedatangan Pangdam dan Kapolda disambut warga setempat. Kapolda dalam sambutannya, mengatakan ia bersama Pangdam datang ke Aboru untuk membuktikan bahwa TNI dan POLRI hadir untuk masyarakat. “Apa yang kami laksanakan di dunia selama kami menjabat di dunia ini adalah menjadi bekal di akhirat nanti,” kata Irjen Pol baharudin Djafar.

Kapolda minta anggota yang bertugas di Aboru untuk harus tetap melaksanakan ibadah. Karena menurutnya semua orang sebelum melaksanakan tugas untuk melayani kepada masyarakat harus memulai dari diri sendiri termasuk dengan beribadah.

Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar menjadi imam shalat Dzuhur di rumah seorang warga Aboru, sementara Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman menjadi makmum, Selasa (29/9/2020). FOTO : HUMAS POLDA

Bahkan Kapolda juga mengisahkan kepada masyarakat bahwa sebagaimana Nabi Isa Al Masih memberi makan 5.000 orang dengan 5 roti dan 2 ikan sebagaimana yang di ajarkan dalam Alkitab, itu menjadi kesan dan gambaran bagi Umat Kristiani untuk melaksanakan kehidupan yang lebih baik. “Mudah mudahan kehadiran kami di sini menjadi berkah dan amanah bagi masyarakat dan dapat di pertanggung jawabkan di akhirat nanti,”kata Kapolda

Loading...

Masih ditempat yang sama, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman, mengatakan kehadirnya bersama Kapolda Maluku atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Bagi Pangdam kedatangannya ke Aboru adalah amanah dari Tuhan. Pangdam mengatakan menyatukan kekuatan untuk mewujudkan keamanan serta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Kami datang kesini juga untuk belajar masalah dan menerima masukan dari mayarakat untuk keamanan ke depan nanti. Kami dari TNI dan Pemerintah Daerah Maluku siap untuk melayani dan membantu masyarakat disini dalam hal pembangunan,” kata Pangdam.

Pangdam juga mengatakan ada tiga tugas pokok TNI yaitu, menjaga kedaulatan NKRI, menjaga keutuhan NKRI, dan melindungi segenap bangsa Indonesia sesuai pada UU No 34 Tahun 2004.

“Di daerah Maluku ini terkenal dengan lumbung ikan tetapi jangan hanya namanya saja kita harus membuktikan untuk semua bahwa apa yang dinamakan itu benar-benar ada untuk kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

Pangdam menambahkan, ada program yang sudah disiapkan Gubernur Maluku Murad Ismail untuk membangun Maluku. Karena lanjut Pangdam, semua pihak harus benar-benar mendukung demi terlaksana program untuk Maluku menjadi lebih baik dan bisa menyaingi sehingga setara daerah lain.

“Untuk penerimaan seleksi menjadi prajurit TNI, kami sangat mengutamakan putra daerah dan diarahkan untuk masyarakat lalu ada anak-anak yang baru lulus SMA diharapkan mendaftarkan diri dalam seleksi penerimaan calon anggota TNI,”tutup Pangdam.

Di sela-sela kunjungan tersebut, Pangdam dan Kapolda meluangkan waktu menggelar shalat Dzuhur. Kedua jenderal bintang dua itu tidak malu meminta ijin seorang pemilik rumah warga Aboru non muslim agar dipakai untuk pelaksanaan shalat Dzuhur.

Setelah diizinkan, dua perwira tinggi tersebut kemudian melaksanakan shalat berjamaah di rumah warga yang tampak sederhana itu. Bertindak sebagai imam shalat adalah Kapolda Maluku, sementara makmum adalah Pangdam Pattimura dan sejumlah pejabat lainnya.

Ikut bersama rombongan Pangdam dan Kapolda dalam kunjungan ini adalah Kabinda Maluku Brigjen TNI Jimmy Aritonga, Danrem 151/Binaiya Brigadir Jenderal TNI Arnold Aristoteles Paplapna Ritiauw, Aster kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Andries, Asintel kasdam, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Maluku Aziz Sangkala, serta pejabat lainnya. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *