Panin Bank Ambon Gelar Donor Darah, Setetes Kasih Sejuta Harapan

by
Suasana Donor Darah Panin Bank Ambon

AMBON-Untuk membantu warga yang membutuhkan darah di Rumah Sakit, Panin Bank Ambon menggelar aksi donor darah yang dipusatkan di Kantor Cabang Pembantu (KCP) Panin Bank Citraland kawasan Lateri Kota Ambon, Sabtu (5/11). Seluruh karyawan dan karyawati Panik Bank Ambon mendonorkan darah mereka. Selain karyawan, pendonor juga dari anggota Yonif 733 Raider, pengurus GAMKI dan masyarakat umum nasabah Panin Bank.
Manager Operasi Panin Bank Ambon Asrul Sani menyatakan, aksi donor darah bertemakan “Setetes Kasih Sejuta Harapan” ini merupakan kegiatan rutin Panin Bank Ambon melalui program Corporat Social Responcibililty (CSR), yang digelar rutin tiga bulan sekali, untuk membantu sesama warga yang membutuhkan darah.
Selain itu menurut Asrul, donor darah ini juga sebagai rangkaian HUT ke-2 KCP Panin Bank Citraland. Darah hasil donor kemudian diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Ambon untuk memenuhi permintaan dari pasien pada rumah sakit di Kota Ambon. “Aksi donor darah ini merupakan misi kemanusian yang digelar Panin Bank setiap tiga bulan sekali untuk membantu sesama warga yang membutuhkan darah di rumah sakit yang ada di Ambon. Hasil donor darah kita serahkan ke PMI dan selanjutnya diberihkan kepada para warga,” kata Asrul, yang juga Koordinator CSR Panin Bank Ambon.
Asrul menyatakan,sejak 2011 Panin Bank Ambon sudah menjalin komitmen dengan PMI Ambon agar tiap tiga bulan sekali, Panin Bank menggelar donor darah untuk memenuhi kebutuhan stok darah. Ia menyatakan dalam sehari PMI Ambon harus menyiapkan tidak kurang 20 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan darah pasien di rumah sakit yang ada di Kota Ambon. Karena itulah Panin Bank Cabang Ambon terpanggil menggelar aksi ini secara rutin.
Asrul berharap, apa yang dilakukan Panin Bank ini memberi inspirasi kepada instansi lainnya untuk menggelar kegiatan serupa sehingga secara tidak langsung membantu PMI mengkampanyekan donor darah secara luas kepada masyarakat. Panin Bank selama ini sudah 21 kali menggelar kegiatan donor darah dengan berpindah – pindah tempat. Mulai dari Mall, kampus, Markas TNI, rumah ibadah dan kantor media dengan tujuan menyebarluaskan kegiatan ini. Ia menyatakan dari 21 kali kegiatan donor darah tersebut terdapat 1.224 katong darah yang diserahkan ke PMI Ambon, untuk disalurkan ke pasien yang membutuhkannya.
Asrul juga menyatakan, selama ini banyak masyarakat yang takut mendonorkan darahnya. Padahal lanjut dia, dengan mendonor darah, si pendonor tersebut mendapat tiga manfaat sekaligus. Yakni secara medis lewat donor darah itu dengan sendirinya akan mengikuti pemeriksaan kesehatan 14 jenis penyakit lewat darah yang disumbangkan itu. Selain itu, dengan mengeluarkan sebagian darah akan mendorong produksi sel – sel darah baru yang lebih segar. “Dan manfaat ketiga yang paling penting adalah kita bisa menyelamatkan nyawa orang lain, penerima darah yang kita berikan. Bayarannya bukan lagi uang tapi tentu saja aliran pahala tak putus sepanjang hidup orang yang menerimanya,” kata Asrul. (ADI)