Pantai Wisata Liang Rusak Akibat Gempa, Begini Kerusakannya

by
Jembatan lancat di Pantai Wisata Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah roboh skibat gempa 6,5 manetudo pada Kamis (26/9/2019). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gempa 6,5 magnetudo yang menggunjang Pulau Ambon dan sekitarnya menyebabkan Pantai Wisata Liang rusak. Pantai wisata yang berada di Negeri Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah ini mengalami kerusakan akibat gempa yang tejadi Kamis 26 September 2019.

Sepuluh hari pasca gempa, Minggu (6/10/2019) Pantai Wisata Liang belum dibuka. Pintu masuk pantai wisata masih ditutup dengan gembok. Terasmaluku.com masuk ke kolasi pantai dari pagar tembok pantai yang roboh akibat guncangan gempa. Sejumlah fasilitas pantai wisata terlihat roboh. Seperti rumah-rumah berteduh, kios-kios pedagang, bahkan jembatan loncat di pantai wisata ini juga roboh ke laut.

Pantai Wisata Liang sepih pasca gempa

Selain itu, sejumlah bagian jalan di kawasan pantai ini juga ambas dan terbelah. Jalan –jalan becek akibat semburan dari tanah yang terbelah saat terjadi gempa. Pagar pantai wisata sepanjang 250 meter juga roboh diguncang gempa.

“Banyak sekali fasilitas pantai wisata ini rusak akibat gempa. Tembok, kios-kios, rumah berteduh, jembatan juga rusak. Sementara sebagian ruas jalan juga amblas dan terbelah,” kata Misbah, pedagang kaki lima di Pantai Wisata saat ditemui, Minggu (6/10/2019).

Misbah mengatakan tiap hari minggu pantai wisata Liang dikunjungi lebih dari dua ribu orang. Namun saat ini tidak ada yang berani datang ke lokasi pantai itu.

loading...

Misbah berharap agar Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi Maluku serta Kementerian Pariwisata dapat memperbaiki kerusakan Pantai Wisata Liang sehingga pariwisata Liang dan Maluku dapat bangkit lagi usai gempa.

“Kami berharap Dinas Pariwisata Maluku dan juga Kementerian Pariwisata bisa melihat hal ini, dapat memperbaiki agar warga juga bisa datang lagi dengan kondisi yang nyaman,” ungkap Misbah yang mengaku mengalami kerugian karena kiosnya juga rusak akibat gempa.

Pantai wisata Liang memiliki panjang sekitar 400 meter. Sepanjang pantai terbentang pasir putih halus dan dipenuhi pepohonan. Suasana pantainya asri dan air lautnya yang bersih. Pantai ini menjadi pilihan terbaik bagi warga berwisata terutama saat liburan.

Pantai Wisata Liang pernah dinobatkan sebagai pantai wisata terindah versi UNDP-PBB di tahun 1990 sebagai pantai terindah. Lokasi pantai wisata ini berada sekitar 60 KM arah timur pusat Kota Ambon. Desa Liang menjadi daerah terparah mengalami dampak akibat gempa 6,5 magnetudo pada Kamis 26 September 2019. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *