Panwaslih Ambon Minta Warga Berperan Mengawasi Pilwakot

by

AMBON-Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Kota Ambon menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Ambon tahun 2017. Sosialisasi tersebut diberikan kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Senin (18/12).

Ketua Panwaslih Kota Ambon M. J Latuconsina dalam pemaparannya menyatakan, kegiatan ini bertujuan  menciptakan peningkatan pengawasan penyelenggara pemilihan yang berintegritas, kredibel serta  mendorong partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan. “Metode yang dilakukan dalam pengawasan ini adalah preventif, reaktif, proaktif dan prediktif dalam mengasilkan nilai yang objektif” kata Latuconsina.

Olehnya itu, kata dia, perlunya kerja sama koordinasi dan integrasi yang baik dengan KPU di semua tingkatan dalam melalukan upaya-upaya preventif pengawasan sejak dini. “Tugas lembaga pemantau independen hanya sebatas memantau dan menyampaikan laporan hasil pemantauan penyelenggaraan Pilkada  kepada pemilihan,” katanya.

Ia mengatakan, gerakan partisipatif masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan sejak dini merupakan wujud dari pendidikan dan partisipatif politik. Masyarakat diajak menjadi bagian dari suksesnya penyelenggaraan Pilkada Walikota dan Wakil Wakil Walikota Ambon  dan bukan hanya sebagai penonton. Ia berharap, KPU atau Bawaslu di semua tingkatan bisa menjadi motor penggerak pengawasan partisipatif yang melibatkan lembaga pemantau independen atau masyarakat. (AIN)