Paparisa BARU dan PANTAS Sepakati Pilkada Damai

by
Deklarasai Pilkada Kota Ambon Berintegritas dan damai Jumat (28/10).

AMBON- Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon Richard Louhenapessy- Syarif Hadler atau Paparisa BARU dan Polly Kastanya – M.A.S. Latuconsina atau PANTAS,menyepakati pelaksanaan kampanye dan Pilkada Kota Ambon berintegritas dan damai. Kesepakatan ini tertuang dalam deklarasi Pilkada berintegritas dan damai yang digelar KPU Kota Ambon di depan Stadiun Mandala Karang Panjang Ambon, Jumat (28/10), menandai dimulainya waktu kampanye Pilkada Ambon. Sebelum menandatangani naskah deklarasi ini, pasangan Paparisa Baru dan PANTAS membacakan fakta integritas Pilkada damai.
“Kami calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon peserta Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2017 beserta tim kampanye dan para pendukung, dengan semangat persatuan dan persaudaraan, berjanji kepada masyarakat Kota Ambon menyatakan, siap menciptakan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon yang berintegritas dan damai,” demikian poin pertama naskah Pilkada berintegritas dan damai yang dibacakan Paparisa BARU dan PANTAS secara bersama.
Selain itu pada poin kedua, dua pasangan calon (Paslon) ini menyatakan siap mewujudkan kemajuan daerah dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945. Dan terakhir tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang – undangan yang berlaku. Setelah membacakan naskah deklarasi itu, Paparisa BARU dan PANTAS kemudian menandatangani deklarasi itu disaksikan Muspida, KPU Kota Ambon, Panwasli , tim kampanye dan pendukungnya. Hadir juga dalam deklarasi ini komisioner KPU RI, Fery Kurnia Rizkiyansyah dan KPU Maluku.
Ketua KPU Kota Ambon Marthinus Kainama meminta pasangan Paparisa BARU dan PANTAS komitmen terhadap janji deklarasi tersebut. Dapat menyuguhkan kampanye yang sejuk dan damai, bukan untuk saling menyerang. “Pasangan calon dan tim kampanye harus menjual gagasan dan ide-ide yang mendidik bagi warga Kota Ambon, bukan saling menyerang satu dengan lainnya. Junjung tinggi fakta integritas yang sudah ditandatangani bersama ini demi Pilkada damai yang berkualitas,” kata Kainama.
Pejabat Walikota Ambon Frans Papilaja mengapresiasi deklarasi Pilkada damai ini. Ia menyatakan masyarakat Kota Ambon menginginkan kompetisi berjalan dengan aman dan damai, para calon agar bisa menjual ide-ideuntuk kemajuan Kota Ambon. Pailaja juga minta agar KPU Kota Ambon, sebagai penyelenggara dan Panwasli, pengawas Pilkada bertindak profesional dalam tugasnya. “Harapan kita agar tahapan pemilihan ini bisa berjalan dengan sukses sehingga tidak adanya pelanggaran dan bisa melahirkan kepala daerah yang berkualitas, KPU Kota Ambon agar bisa bekerja secara profesional dan berintegrasi sehingga Pilkada berjalan dengan aman dan lancar” katanya.
Sementara itu, Fery Kurnia menyatakan, suksesnya tahapan pemilihan Pilkada dilihat dari penyelenggara serta masyarakatnya, agar bisa memilih sosok pemimpin yang sesuai dengan pilihannya “Suguhkan masyarakat dengan pendidikan politik yang berkualitas dan politik banyak berbagai metode, silahkan gunakan metode tersebut secara baik. Jadikan momen Pilkada sebagai integritas perdamaian di Kota Ambon. Kita harus mempunyai komitmen guna menciptakan lahirnya Pilkada yang berkualitas,” kata Fery. Ia juga berharap pasangan Paparisa BARU dan PANTAS serta tim pemenangannya,agar menjaga hubungan persaudaraan dan patuhi aturan dari KPU Kota Ambon sehingga pelaksanaan Pilkada berjalan sukses. Setelah itu, Fery bersama Musda Kota Ambon melepas konvoi kampanye damai dua pasangan calon tersebut dari depan Stadion Mandala Karang Panjang. Paslon dan pendukungnya kemudian berkonvoi melintasi sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon dan finisihnya di depan Gong Perdamaian Dunia. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *