Parameter Konsultindo Menangkan Pasangan Manis di Pilkada Bursel

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Survey Parameter Konsultindo di Pilkada Bursel sangat berbeda dengan survei yang dipaparkan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). Pasalnya Survei oleh Parameter ini pasangan Rahman Soulissa – Elisa Lesnussa (Manis) menang atas Pasangan Safitri – Soulissa – Gerson E Selsily (SMS GES) dan H Hadji Ali – Zainuddin Boy (Ajaib).

Dalam survei tersebut Parameter memenangkan pasangan Manis dengan 34,09 persen, sedangkan pasangan SMS GES hanya 31,10 persen, sementara pasangan Ajaib 25,44 persen.

“Dalam temuan survey pasangan Manis unggul dari pasangan SMS GES dan Ajaib dengan selisih kurang lebih 2 persen,” kata Direktur Parameter Konsultindo wilayah Timur Indonesia Edison Lapalelo kepada wartawan di Manise Hotel, Jumat (4/12/2020) malam.

Edison mengatakan, kemenangan pasangan Manis ini ditemukan pada tiga kecamatan yakni Kecamatan Waesama 39,97 persen, Leksula 45,17 persen, dan Fena Fafan 44,79 persen. Sedangkan pasangan SMS GES hanya menang di kecamatan Namrole saja. Sementara pasangan Ajaib memang di kecamatan Ambalau dan Kapala Madan.

Loading...

Menurut dia, dengan selisih hanya 2 persen keunggulan pasangan Manis masih ada pada margin eror 3 persen, sehingga keunggulan pasangan Manis masih dapat terkoreksi dan posisi kemenangan dapat di geser oleh pasangan SMS GES dan Ajaib.

“Apabil pasang Manis tidak konsisten dalam menjaga keunggulan di Kecamatan yang ditemukan menang dan Validasi data yang lemah oleh tim, maka peluang ketiga pasangan calon tebuka untuk menang. Tergantung strategi masing-masing,” katanya.

Edison mengatakan, dari temuan survey kerawanan manipulasi data dan konflik cukup besar maka, semua pasangan bisa dapat menjaga laporan bertingkat terhadap data dan kondisi pada waktu Pemilihan nanti.

“Semua pasangan juga harus memperhatikan praktek money politic yang dalat merusak demokrasi yang bersih,” ujarnya.

Selain itu, dia menambahkan, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi perhatian serius dari pihak terkait dan harus diberikan tindakan keras apabila ditemukan keterlibatan ASN di lapangan. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *