Partai NasDem Maluku Mulai Jaring Caleg

by
Ketua DPW Partai NasDem Maluku Hamdani Laturua memberikan keterangan pers lauching sosialiasi pendaftaran bakal Caleg di Kantor DPD NasDem Maluku, Rabu (15/3) FOTO : ADI (TERASMALUKU).

AMBON- Meski pelaksanaan  pemilu legislatif (Pileg) digelar 2019, namun Partai NasDem mulai menjaring bakal calon legislatif (Caleg) untuk bertarung di pesta demokrasi lima tahun itu. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Maluku, Rabu (15/3) melaunching sosialisasi  rekrutmen bakal  Caleg baik DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi dan DPR RI  untuk bertarung di Pileg nanti.

“Mulai hari ini Partai NasDem Maluku membuka  kesempatan kepada  putra-putri terbaik yang ada  Maluku darimana saja   untuk  bergabung bersama kami. NasDem memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siapa saja di Maluku  mendaftarkan diri   untuk dicalonkan menjadi  Caleg baik DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi dan DPR RI.  ” kata Ketua DPW Partai NasDem Maluku Hamdani Laturua dalam keterangan pers lauching sosialiasi pendaftaran bakal  Caleg di Kantor DPD NasDem Maluku.

Loading…

Hamdani didampingi seluruh pengurus DPW NasDem Maluku termasuk Ketua DPP Komando Pemenangan Partai NasDem Wilayah Maluku Rosita Usman. Hadir juga Ketua DPD NasDem Kota Ambon Risgan Semarang.

Hamdani menyatakan, NasDem sengaja merekrut bakal Caleg lebih awal agar memberikan kesempatan seluas – luasnya kepada putra-putri terbaik Maluku dari semua lapisan masyarakat agar bisa ikut mendaftarkan diri.

Penjaringan juga  lebih awal agar   bakal Caleg  memiliki waktu lama melakukan sosialiasi ke publik.  NasDem lanjutnya,  ingin memberikan edukasi politik  kepada masyarakat dalam rekrutmen Caleg tidak asal main rekrut Caleg di menit – menit terakhir  pelaksanaan Pileg  atau “tiba masa tiba akal”. Penjaringan Bakal  Caleg lebih awal agar hasil yang diperoleh NasDem benar – benar berkualitas.

“Dengan waktu yang panjang, publik juga diberi kesempatan mengkritisi  setiap Calon dari NasDem, semacam ada uji publik kepada setiap Caleg, jika Caleg tersebut bermasalah kita tidak mungkin pakai. NasDem mencari Caleg terbaik dari yang baik- baik mendaftarkan diri,” katanya.

Hamdani menegaskan, dalam rekrutmen bakal Caleg, semua orang memiliki peluang dan perlakuan yang sama, tidak ada skala prioritas.”Tidak ada istilah anak emas dalam penjaringan Bakal Caleg, kader atau anggota DPRD NasDem  sekalipun, tidak ada skala prioritas  semua harus mengikuti aturan dan pentahapan yang diberikan NasDem, semua yang mendaftar memiliki peluang sama. Semua tergantung elektabilitas, kapabiltas, kualitas  caleg itu,” kata Hamdani.

Ia kembali menegaskan, dalam proses pendaftaran bakal Caleg, Partai NasDem tidak memungut biaya atau mahar politik, semuanya gratis. Jika ada yang melakukan tidakan tersebut, dengan berat hati NasDem akan mencoretnya termasuk kader akan diberi sangksi jika bermain – main soal mahar ini.

Ketua DPP Komando Pemenangan NasDem  Wilayah  Maluku Rosita Usman menyatakan, pihaknya melakukan sosialisasi pendaftaran  Caleg lebih awal dan disampaikan  seluas- luasnya agar seluruh masyarakat mengetahuinya. Partai NasDem menurut dia, memanggil putra – putri terbaik dari mana saja untuk bergabung dalam pencalonan anggota legislatif nanti.

“Kami membuka kesempatan seluas – luasnya kepada masyarakat untuk mencalonkan diri. Proses penjaringan mulai dari sosialisai pendaftaran  hingga  penetapan Caleg NasDem melalui proses yang secara internal akan dikaji dan dievaluasi tim yang dibentuk,” kata Rosita.

Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Maluku Azis Latar menyatakan, proses penjaringan Bakal Caleg akan dilalukan dalam beberapa tahap hingga penetapan nanti. Terhitung mulai 15 Maret hingga 2 April nanti,  NasDem melakukan tahap  sosialiasi tentang tata cara  pendaftaran bakal Caleg. Setelah itu, dilanjutkan tahap pendaftaran bakal Caleg yang dimulai 3 April hingga  29 April di tiap Kantor DPD Partai NasDem Kabupaten/kota termasuk di  DPW NasDem Maluku.

Azis menyatakan, setelah proses pendaftaran, dilanjutkan dengan tahapan seleksi berkas administrasi peserta Balon Caleg yang berlangsung hingga Mei nanti. “ Tahap  selanjutnya bakal Caleg diberi kesempatan untuk  sosialisasi diri ke publik di tiap Dapil waktunya mulai Mei hingga November 2017,”katanya.

Setelah itu, Partai NasDem akan melakukan survei internal kepada setiap Bakal Caleg. Survei untuk mengetahui tingkat elektabilitas dan kapabilitas, kualitas bakal  Caleg yang mendaftar. Survei akan dilakukan pada November hingga Desember 2017.  Pada Februari 2018 tahap penentuan Caleg oleh NasDem dan diumumkan ke publik. Tahap selanjutnya, Caleg mengikuti tahapan di KPU. (MQR)