Partai NasDem Peringati Sumpah Pemuda ala Remaja Kekinian

by
Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milennial DPP Partai NasDem, Lathifa Al Anshori. FOTO : DPP NasDem

JAKARTA-Adalah hari yang bersejarah bagi seluruh pemuda-pemudi Indonesia. Dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928, tepatnya 92 tahun silam, menandakan lahirnya “Sumpah Pemuda” yang merupakan sebuah peristiwa besar dan menjadi salah satu tonggak sejarah bangsa Indonesia dalam mengawali kesadaran kebangsaan.

Sumpah Pemuda juga mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa lewat ikrar sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

NasDem adalah Partai Politik yang peduli terhadap anak muda. Partai NasDem sudah dikenal dengan kebijakannya yang mendukung dan merangkul anak muda utamanya untuk berpolitik. Salah satu bukti bahwa Partai NasDem youth friendly adalah banyak keterwakilan kelompok muda dalam kontestasi Pemilu.

Faktor kesuksesan NasDem dalam mencetak kader-kader berusia muda tidak lain karena kebijakan Partai NasDem yang peduli terhadap kaum muda. Salah satunya dengan membangun Akademi Bela Negara (ABN) yang merupakan sekolah untuk kader NasDem dengan rentang usia dari mulai 23 hingga 30 tahun. Mayoritas selama ini para peserta merupakan generasi millennial pemula dalam berpolitik yang sebelumnya tidak pernah berpartai. Selain ABN, tentunya ada Garda Pemuda (GP) NasDem yang merupakan wadah bertautnya angkatan muda, gagasan muda dan energi progresif pemuda NasDem.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Rabu 28 Oktober 2020,  Partai NasDem sebagai partai yang peduli dengan anak muda berkeyakinan bahwa semangat sumpah pemuda dapat ditularkan dan diterima dengan baik oleh para generasi kekinian, dengan cara pendekatan persuasif yang juga kekinian.

Kecenderungan generasi kekinian yang sangat bergantung dan seakan tidak dapat lepas kepada penggunaan gadget untuk berkomunikasi sehari-hari. Penggunaan berbagai macam aplikasi chat dan media sosial seperti WhatsApp dan Instagram yang semakin masif, membuat Partai NasDem merilis stiker digital bernama “Rubi” yang dapat digunakan di aplikasi seperti WhatsApp. Tujuan Partai NasDem merilis stiker ini adalah untuk lebih dekat dengan pemilih pemula dan milennial yang momennya bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milennial DPP Partai NasDem, Lathifa Al Anshori, selaku pencetus ide dan kreator stiker Rubi, mengatakan bahwa dalam membuat stiker Rubi dirinya terinspirasi dari warna biru yang merupakan warna kebesaran Partai NasDem dan kecenderungan bahasa slank anak-anak muda, teman-teman generasi millennial jaman sekarang.

Loading...

Dalam membuat model stiker Rubi, Lathifa terinspirasi dari banyaknya model stiker di berbagai media sosial atau di aplikasi chatting yang populer di kalangan anak muda, terutama yang bermodel squishy seperti di WhatsApp, LINE atau Telegram. Visual ini adalah sebuah avatar dari asisten virtual Partai NasDem yang dinamai Rubi.

“Pada tanggal 11 November 2020 mendatang, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Partai NasDem ke-9, Partai Nasdem akan meluncurkan asisten virtual Partai NasDem yang bisa diakses dari berbagai platform media sosial yang sering dipakai oleh khalayak ramai,” kata Lathifa dslam siaran pers, Kamis (29/10/2020).

Pada versi pertama yang dirilis bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, ada 21 jenis stiker Rubi dengan beragam ekspresi lucu dan menggemaskan dan tentunya kekinian. Sedangkan untuk versi kedua dari Sticker Rubi akan dirilis pada acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun Partai NasDem ke-9.

Perkenalan versi pertama stiker Rubi disiarkan langsung di media sosial Instagram Partai NasDem @official_nasdem pukul 09.00 WIB, dipandu oleh Koordinator Media Sosial DPP Partai NasDem Honey Annisa serta tentunya dengan Lathifa Al Anshori, selaku Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milennial DPP Partai NasDem, yang juga kreator stiker Rubi.

Semua pembaca akan dapat menikmati lucunya karakter Rubi, sang asisten virtual Partai NasDem, dengan mengunduhnya dari website resmi Partai NasDem. Hadirnya stiker Rubi juga diharapkan dapat membuat teman-teman generasi muda saat ini merasakan kehadiran NasDem sebagai partai politik yang peduli dengan pentingnya komunikasi yang baik di dunia digital, dan bagaimana transformasi digital di Indonesia yang semakin cepat terimplementasi.

Latifa mengatakan momen Ikrar Sumpah Pemuda memang telah puluhan tahun berlalu. Namun demikian, semangat nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia tidak boleh sedikitpun mengendur meski zaman terus berganti dan bergerak maju.

“Para pemuda-pemudi saat ini menghadapi zaman dan era yang jauh lebih complicated dari para pemuda-pemudi 92 tahun silam yang berfokus kepada kemerdekaan Indonesia. Generasi saat ini berbeda. Ada banyak hal yang harus dihadapi oleh para pemuda-pemudi yang hidup dan tumbuh besar di era kekinian,” jelasnya.

Pergerakan zaman yang kian dinamis dan semakin modern menuntut pemuda-pemudi berjuang dalam hal yang jauh berbeda dengan para pemuda-pemudi terdahulu. Perjuangan generasi saat ini lebih dititik beratkan kepada mengisi kemerdekaan bangsa dengan berbagai keterampilan dan kemampuan untuk dapat ikut membangun serta memajukan bangsa Indonesia sehingga diakui dan disegani di mata dunia. Melihat kondisi Indonesia terkini, Partai NasDem berharap pemuda-pemudi Indonesia besatu dan bangkit di atas pandemi Covid-19 yang telah melanda tanah air sejak awal tahun.

“Semoga “RUBI” dapat ikut menyemarakkan dan menghiasi hari-hari teman-teman di momen Hari Sumpah Pemuda tahun ini,” kata Lathifa. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *