Partai NasDem Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa Maluku, AT Sampaikan Salam Surya Ke Korban

by
Anggota DPR RI dari Partai NasDem menyerahkan bantuan kapada perwakilan warga korban gempa di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (10/10/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan atas korban gempa di Maluku, Partai NasDem menyerahkan bantuan kepada para korban. Bantuan diantar langsung anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Abdullah Tuasika (AT) dan pengurus DPW Partai NasDem Maluku serta pengurus Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem Maluku.

Bantuan diserahkan pada sejumlah titik Posko pengungsian di wilayah Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) seperti Negeri Suli, Negeri Tulehu, Negeri Waai, dan Negeri Liang yang diterima langsung pejabat negeri dan disaksikan korban gempa. Kecamatan Salahutu merupakan salah satu daerah terparah mengalami dampak kerusakan dan korban akibat gempa 6,5 magnetudo yang terjadi Kamis 26 September 2019.

Abdullah Tuasikal menyerahkan bantuan kapada Penjabat Negeri Tulehu Kecamatan Salahutu. FOTO : ISTIMEWA

Abdullah Tuasikal, anggota DPR RI Dapil Maluku bersama pengurus Partai NasDem mendatangi lokasi-lokasi pengungsian tersebut menyerahkan bantuan. Bantuan berupa 2,5 ton beras kualitas terbaik dan bahan kebutuhan mendasar pengungsi ini diangkut dengan sejumlah truk dari Kota Ambon.

Saat penyerahan bantuan kepada warga, Adullah Tuasikal menyampaikan salam dari Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyampaikan keprihatinan dan duka mendalam atas musibah gempa yang terjadi di sejumah wilayah Maluku.

“Kami datang menyerahkan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian kami, dan ada salam dari Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh kepada warga, beliau sangat prihatin sekali atas kondisi (musibah) yang ada di Maluku. Musibah gempa ini datang dari Allah SWT, siapapun juga tidak dapat memprediksi dan kita berdoa agar musibah ini cepat berakhir,”kata Abdullah Tuasikal.

loading...

Saat pemberian bantuan, Tuasikal juga mendatangi posko-posko kesehatan di lokasi pengungsian. Ia menyerap berbagai keluhan pengungsi. Sebagai wakil rakyat, Tuasikal mengatakan setiap permasalah yang dialami pengungsi akan dibawa ke Fraksi Partai NasDem di DPR RI untuk diperjuangkan dengan kementerian terkait agar diatasi.

Tuasikal juga meminta agar pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk menangani korban secara baik pada masa pemulihan pasca gempa termasuk warga yang trauma akibat gempa.

“Hingga Kamis siang ini data dari BMKG sejak gempa utama, tercatat sudah lebih dari 1.300 gempa dan dirasakan warga sebanyak 153 kali. Tentu ini kami sangat prihatin kami berdoa semoga ini cepat berakhir agar masyarakat bisa kembali pulih, beraktivitas normal seperti biasa,” kata Abdullah Tuasikal.

Rencananya, Jumat (11/10/2019), Tuasikal juga akan melanjutkan penyerahan bantuan kepada warga korban gempa di Desa Tengah-Tengah dan Desa Tial Kecamatan Salahutu. Hingga kini masih ada lebih dari 100 ribu jiwa warga Maluku di tiga daerah yakni, Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kabupaten Seram Bagian Barat yang mengungsi akibat gempa utama 6,5 magnetudo pada Kamis 26 September 2019.

Tercatat 38 orang meninggal dunia dan ratusan warga terluka, dan sekitar 7.000 rumah warga rusak, dan puluhan rumah ibadah, gedung sekolah, fasilitas pendidikan dan perkantoran rusak akibat gempa. (ADI)

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *