Pasca Gempa Ditemukan Sejumlah Lumbang Keluarkan Gelembung Air di Liang

by
Sebuah lubang ditemukan dekat dengan pemukiman warga di Negeri Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, pasca gempa 6,5 magnetudo pada Kamis (26/9/2019). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gempa yang mengguncang wilayah Pulau Ambon tidak hanya menyebabkan kerusakan bangunan dan infrastruktur lainnya tapi juga memunculkan fenomena alam lainnya. Di Negeri Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, pasca gempa 6,5 magnetudo yang terjadi Kamis (26/9/2019) warga menemukan sejumlah lubang-lubang di sejumlah lokasi.

Lubang-lubang yang berukuran besar dan kecil itu kebanyakan ditemukan di pemukiman warga RT 01 Negeri Liang. Lubang dengan lebar bahkan lebih dari tiga meter. Sebagian lumbang tersebut mengeluarkan gelembung-gelembung air. Di sekitar lubang tanah mengalami longsoran.

Menurut warga, saat terjadi gempa, Kamis (26/9/2019) dari lubang-lubang tersebut muncul sumburan lumpur tanah hingga ke rumah-rumah warga. Warga yang rumahnya dekat dengan lubang-lubang tersebut makin resah, mereka mengungsi ke puncak Negeri Liang.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, aparat Polsek Salahutu memasang garis polisi pada areal lubang-lubang tersebut. “Kita Sudah pasang garis polisi di titik lubang yang muncul setelah gempa. Ini dilakukan agar warga tidak mendekati areal titik lubang tersebut,” kata Kapolsek Salahutu, AKP Izac Risambessy Kamis (3/10/2019).

loading...

Ia mengaku ada banyak lubang yang ditemukan pasca gempa. Hingga kini belum ada petugas dari dinas terkait yang datang meneliti adanya lubang-lubang tersebut. (ADI)  

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *