Pasien 03 Asal Saparua Sembuh, 3 Pasien Baru Terkonfirmasi Positif

by
sumber/tirto.id

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Selain berita kesembuhan, Maluku kembali lagi ketambahan tiga (3) pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka terdiri dari ABK kapal dan seorang pelaku perjalanan.

Ketua Harian Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang menjelaskan hal itu. Dua (2) ABK itu bukanlah pasien baru. Melainkan anak buah kapal KM. Dobonsolo yang lebih dulu dirawat di balai diklat BPSDM Maluku pada 17 April 2020.

Saat kapal singgah di Pelabihan Yos Sudarso seluruh penumpang dan ABK dites dengan rapid test. Keduanya punya hasil reaktif. Mereka lantas dipindah ke balai diklat dengan penumpang lain yang hasilnyanya non-reaktif. “Dong dua itu di Diklat. ABK dan satu pelaku perjalanan. Jadi su rawat lama,” jelas Kasrul, Sabtu (25/4/2020).

Usai tes cepat dengan rapid test, tim langsung mengambil tindakan untuk swab dan mengujinya di laboratorium dengan metode PCR. Hasilnya, terkonfirmasi positif. Hanya kata Kasrul hingga kini perawatan dilakukan di balai diklat. Itu lantaran mereka tidak memiliki gejala atau keluhan sama sekali.

Loading...

BACA JUGA : 54 PENUMPANG KAPAL JALANI RAPID TEST DAN RENCANA BAGI SEMUA PENDATANG

Sementara seorang lainnya merupakan pelaku perjalanan. “Dia di rst. Antua tujuan Gemba. Tentara dulu tugas di Waiheru. Pensiunan umur 63 tahun. Perjalanan dari Baubau,” terang dia. Pada kasus ini pasien sendiri yang berinisiatif datang untuk memeriksakan diri lanatran ada keluhan.

Pasien ini lantas menjalani tes dan swab. Hasilnya positif. Namun belum ada kepastian riwayat perjalanan dan tibanya pasien ini di Ambon. namun yang pasti pasie 63 tahun ini jalani perawatan pada 21 April 2020. “Katong tadi cek antua nama di Dobonsolo seng ada di manifest. Mungkin esok baru dapa kabar lagi,” jelasnya.

Sementara itu kabar baiknya datang dari kesembuhan satu pasien Covid-19. Dia merupakan pasien 03 asal Saparua. Kesembuhan itu menambah panjang deretan harapan akan pemulihan Maluku dari Covid-19. Itu berarti kasus positif Covid-19 di Maluku ada 20 kasus, 11 kesembuhan, dan nol (0) kasus meninggal. Pasien positif yang masih dalam perawatan ada 9 orang,  18 orang PDP dan 67 ODP. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *