Pasien Butuh Fasilitas MCK di Posko Kesehatan

by

TERASMALUKU.COM,Malteng,  –  Warga Desa Liang yang sakit akibat gempa membutuhkan sejumlah bantuan. Selama tiga hari, posko kesehatan pemkab Maluku Tengah menerima banyak pasien mereka rerata membutuhkan fasilitsn kamar mandi.

Yully Lessy, petugas di posko kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, Puskesmas Liang mengakui hal itu. “Sebetulnya yang dibutuhkan kamar mandi untuk para pasien,” katanya.

Menurutnya para pasien yang ada di posko kesehatan itu keuslitan untuk membuang air kecil. Fasilitas MCK dan sanitasi tenu jadi hal prioritas bagi mereka yang sakit.

Dari informasi lapangan, pasien datang dengan ragam keluhan. “Ada yang patah tulang, sakit kepala, pusing-pusing ISPA,” jelas Yuly. Para pasien itu langsung ditangani oleh tenaga medis. Beberapa juga ada yang dirujuk untuk penanganan lanjutan yang serius. Seperti pada pasien patah tulang. Ada 10 orang telah dirujuk ke rumah sakit.

loading...

Dia berharap ada bantuan untuk mendirikan fasilitasn umum bagi pasien dan warga yang mengungsi. Begitu juga dengan bantuan oabt-obatan. Menurutnya selama tiga hari dimengungsi dengan cuaca hujan, warga mulai terserang banyak penyakit. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *