Pasien Lansia Dominasi Kasus Kematian Covid-19

by
Sumber: ambon.go.id

TERASMALUKU.COM,AMBON, –  Angka kematian pasien terkonfirmasi covid-19 hingga hari ini (16/2/2021) sebanyak 60 jiwa. Umumnya mereka yang meninggal adalah lanjut usia di atas 55 tahun.

Akibatnya,Kota Ambon masuk ke zona merah. Kematian pasien terkonfirmasi covid-19 merupakan salah satu indikator yang penentu zonasi suatu wilayah. Selama beberapa bulan Kota Ambon berhasil ada di dalam zona oranye.

Loading…

Sayangnya, kini penentuan zona bergeser ke area yang rawan. Yaitu zona merah. Juru Bicara Penanganan Covid-19  Kota Ambon, Joy Adriaansz kepada Terasmaluku.com.

“Angka kematian tinggi. Yang meninggal rerata usia di atas 55 tahun,” sebut Joy sore tadi. Mereka yang masuk kategori lanjut usia memang amat rentan. Selain faktor usia, ketahanan tubuh terhadap virus dan penyakit jauh lebih kecil.

Tak heran jika ada serangan corona virus 2019 bisa dengan mudah melemahkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi mereka diketahui masuk dengan penyakit penyerta.

Artinya selain ada virus corona, pasien lansia juga sudah memiliki penyakit lain yang bersarang di tubuh mereka. “Mereka comorbid, paling banyak itu hipertensi dan diabetes mellitus (DM),”katanya.