Patungan Uang, Warga Kampung Alor Tanah Rata Ambon Semprot Disinfektan Mandiri

by
Warga RT 008/RW 004 Alor Belakang SLB Tanah Rata Negeri Batu Merah Kota Ambon melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri, Senin (6/4/2020) untuk mencegah penyebaran virus corona. FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Upaya mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 terus dilakukan warga dan pemerintah di Kota Ambon. Seperti yang dilakukan pemuda di RT 004/RW 008 kawasan Alor Belakang SLB Tanah Rata Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Senin (6/4/2020) sore. Tanpa menunggu bantuan dari pemerintah, para pemuda di kawasan ini melakukan aksi penyemprotan disinfektan secara mandiri ke rumah warga.

Warga RT 004/RW 008 Tanah Rata Negeri Batu Merah Kota Ambon melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga secara mandiri, Senin (6/4/2020). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

Para pemuda masuk keluar rumah warga melakukan penyemprotan disinfektan. Ada puluhan rumah warga yang disemprot cairan disinfektan. Selain rumah warga, mereka juga menyemprot kendaraan roda dua milik warga serta Mushollah Mushollah Al-Ikhlas di kawasan tersebut. Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit.

Warga menyemprot disinfektan ke rumah warga

Koordinator aksi, Fahrul Mahmud Latar mengatakan penyemprotan ini merupakan upaya pemuda dan warga RT 004/RW 008 Kampung Alor Tanah Rata untuk mencegah penyebaran virus corona di kawasan tersebut. “Aksi penyemprotan disinfektan ini dilakukan untuk melindungi warga dari virus corona, kami berjuang untuk mencegah penyebaran virus corona di wilayah kami,” kata Latar.

Loading...

Menurutnya, semua pihak harus memiliki tanggung jawab untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, apalagi di wilayah Kota Ambon yang sudah ada warga positif virus corona berdasarkan hasil Rapid Test atau pemeriksaan cepat dan kini dirawat pada sejumlah rumah sakit.

Latar mengatakan karena tunggung jawab dan kepedulian mencegah penyebaran virus corona, pihaknya melakukan penyemprotan secara mandiri. Sehari sebelum penyemprotan disinfektan, Latar bersama para pemuda masuk keluar rumah warga meminta sumbangan uang untuk penyemprotan dan pembuatan portal jalan Portal jalan dibuat warga untuk mendata warga yang datang tak dikenal serta mencegah penyebaran virus corona.

“Hasil pengumpulan sumbangan dari warga ini, kita beli dua alat penyemprot dan bahan-bahan untuk cairan disinfektan, sisa uang kita buat portal jalan, agar bisa kita data setiap orang yang masuk ke lingkungan kami. Langkah ini untuk mencegah jangan sampai ada orang yang datang tak dikenal membawa virus,” kata Latar.

Ia juga mengatakan aksi penyemprotan ini akan terus dilakukan oleh para pemuda. Karena menurutnya virus terus berjalan sesuai dengan pergerakan manusia. “Kalau ada saudara-saudara di kawasan lain di Ambon yang butuh penyemprotan disinfektan kami siap membantu,” ungkap Latar. (JUL) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *