PDIP Bersiap Buka Pendaftaran Calkada Tual dan Malra

by
Ketua DPD PDIP Maluku, Edwin Adrian Huwae

AMBON, TERASMALUKU.COM- PARTAI  Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dalam waktu dekat ini  akan membuka proses penjaringan bakal calon kepala daerah (Calkada) di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) yang akan menggelar  Pilakad 2018. Hal yang sama juga untuk Pilkada Maluku.  Pendaftaran bakal calon akan dilakukan usai Rapat Kerja Daerah (Rakerda)  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Maluku.

“Setelah Rakorda ini kita sudah menginstruksikan kepada pengurus di dua wilayah itu untuk sesegera mungkin membuka proses penjaringan Calkada,”kata Ketua  DPD  PDIP  Maluku, Edwin Adrian Huwae kepada wartawan usai pembukaan Rakorda  PDIP Maluku, Senin (8/5) Ambon.

Edwin yang juga Ketua DPRD Maluku ini mengatakan, sesuai arahan DPP PDIP  terhadap Pilkada serentak 2018,  yakni mengutamakan kader partai  untuk dicalonkan.  Selain itu yang pasti menurut Edwin kader tersebut  memiliki tingkat pengenalan dan elektabilitas yang tinggi serta loyal terhadap partai.

Untuk itu, pihaknya akan mengutamakan kader partai yang akan mencalonkan diri pada bursa Pilkada Kota Tual dan Malra.  Hal yang sama pula terjadi pada Pilkada Maluku.  Dia menambahkan, PDIP merupakan partai nasionalis dan terbuka untuk siapapun. “Jadi yang ingin mendaftarkan diri sebagai Calkada, silahkan. PDIP membuka diri untuk siapapun,”katanya.

Edwin menuturkan, pihaknya masih melakukan pemetaan jelang perhelatan politik Pilkada di wilayah Maluku nanti. “PDI-Perjuangan sementara ini sedang melakukan pemetaan. Dan setelah Rakorda ini, PDI-P akan melakukan pembukaan pendaftaran kepada seluruh kabupaten kota dan termasuk  Provinsi Maluku untuk menjaring Bakal Calon Kepala Daerah, di dua Kabupaten Kota dan Provinsi Maluku,” kata Edwin. Di   Maluku, Pilkada 2018 akan digelar di Provinsi Maluku, Kota Tual dan Malra. (MQR)