Pecah Kerumunan di Pasar Mardika Pemkot Atur Model Berjualan Ganjil Genap

by
Pasar Mardika Ambon. FOTO: Dok. Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COMA,AMBON, – Pasar tradisional Mardika salah satu lokasi yang bakal jadi fokus pengaturan menjelang pra-Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon. Pematangan aturan aturan ganjil genap yang diterapkan sebagai permodelan tatanan hidup baru selama masa pandemi ke depan.

BACA JUGA : Perlu Ada Simulasi Sebelum Terapkan Pra-PSBB

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tengah membagi alur penjualan pedagang pasar mengikuti hari. Hal itu kembali diungkapkan menyusul rencana penerapan pra-PSBB di Ambon. Akan ada kartu yang dibagikan kepada pedagang. Kartu itu sebagai pembeda bagi pedagang yang berjualan pada tanggal genpa dan ganjil.

“Penyebaran pedagang sedang kita pikirkan. Yaitu untuk pemilahan membuat jarak di pasar. Ini salah satu strategi kita ke depan nanti,” jelas Ketua Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, Kamis (28/5/2020).

Loading...

Strategi yang tenagh dimatangkan pemerintah kota itu katanya tak lain untuk memastikan keamanan warga kota. Pasar merupakan tempat publik yang paling banyak mengundang kerumunan dan keramaian. Pembagian pedagang itu sebagai cara memecah kerumunan. Nantinya setiap pedagang akan diberikan kartu yang wajib mereka bawa. Kartu itu sebagai penanda tanggal berjualan sesuai tanggal yang ditetapkan.

Strategi kedua untuk memecahkan kerumunan di pasar yaitu dengan mendistribusikan pedagang ke sejumlah pasar di kecamatan atau pasar terdekat. Langkah ini sejatinya sudah diputuskan sejak awal dalam rangka pembangunan pasar Mardika yang baru.

Sebanyak lebih dari 2.00 pedagang itu akan dibagi ke beberapa pasar seperti pasar Air Besar, Tantui, Arumbae. “Kedua kita relokasi pedagang ke pasar kecamatan dan pasar terdekat. Misalnya Pasar Arumbae dan tetap pedagang lagi kita lalukan penjualan ganjil genap,” terang dia. (PRISKA BIRAHY)

BACA ARTIKEL MENARIK LAIN PRISKA BIRAHY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *