Pecatur Maluku Tergeser di Papan Atas Kategori Senior Terbuka

by
Suasana perlombaan para pecatur pada Kejurnas Catur di Islamic Center Ambon, Senin (28/10/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON–Para pecatur Maluku tak dapat mempertahankan posisi pada papan atas setelah menyelesaikan Babak III Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-48 yang berlangsung di Islamic Center, Ambon, Maluku, Senin (28/10/2019).

Dua pua pecatur Maluku yang sebelumnya bersaing di papan atas pada kategori Senior Terbuka yaitu Master Nasional (MN) Ishak Rianjar dan Sammy S, gagal meraih kemenangan pada Babak III.

Di Babak III, MN Ishak Rianjar kalah dari pecatur Jawa Timur, Catur Adi Sagita, sementara Semmy S kalah dari Boyke Tumimomor, Sulawesi Utara. Beruntung pecatur Maluku lainnya, Amrin Aliy berhasil menang atas sesame pecatur Maluku MN Samsuddin Wally. Jusri Setiawan juga berhasil meraih tambahan poin 05 setelah bermain remis dengan Asrul Amiruddin asal Sulawesi Selatan.

Hasil tersebut membuat MN Ishak Rianjar kini berada di peringkat 12 dari 70 peserta kategori Senior Terbuka, Jusri Setiawan di peringkat 14, Amrin Aliy di peringkat 15 dan Semmy S di peringkat 26. Ketiganya mengantingi 2 poin dari 3 babak yang telah dilalui.

Di kategori yang sama, pecatur Maluku lainnya Obed Carel Inuhan, MN Samsudin Wally, AZ Wattimena, Adi Boce, Rizky Mahupalle dan Willem masing-masing mengantongi 1 poin. Sedangkan pecatur Maluku Billy Lokolllo, Hamdani Paja, Berjamin Merpaty, Yusuf Burita dan Zain Tuanany masing-masing 0.5 poin.

Walau begitu, di kategori ini masih ada beberapa pecatur Maluku yang belum mengantongi poin yaitu Abdul Alkatiri, Andarias Eryanan, Chelsico L Talle, Dewa Wattimena, Joachim Volkhart, Hamid dan Michael JV Pentury.

Di kategori veteran, peringkat pecatur Maluku Anwar Pary melorot. Jika di akhir babak II ia berada di peringkat 10 dari 18 pecatur, kini usai babak III, ia melorot ke posisi 13. Hal itu diakibatkan pada babak II, Anwar Pary harus mengakui keunggulan pecatur Sulawesi Utara, Ilyas Ahmad. Sementara dua rekannya Yunus S berada di peringkat 16 dan hendro Sarwoko di peringkat 17.

Di kategori Junior Terbuka C U15, dua pecatur Maluku yaitu M Rafiz Algafi dan Dewa Wattimena belum juga meraih poin hingga tiga babak pertandingan berakhir. Sementara rekannya Chelsico Talle sementara menempati peringkat 10 dari 20 peserta kategori ini. Chelsico Talle memgantongi 2 poin.

loading...

Di kategori Junior Terbuka E U13, pecatur Maluku M Rafa berada di peringkat 14 dari 19 pecatur, sementara rekannya Ilo Wattimena di peringkat 16. Satu-satunya pecatur putri Maluku yang mengikuti kategori Junior Putri B U17, Marissa Talle, peringkatnya melorot dari peringkat 7 di akhir babak II menjadi peringkat 13 dari 17 peserta di akhir babak III. Di babak III, Marisa Talle kalah dari Sasa Sandra Dwei (Jawa Barat).

Diantara 268 pecatur dari 28 provinsi yang ikut serta, Pengprov Percasi Maluku mengikutsertakan 32 pecatur. Kejurnas yang akan berlangsung hingga 30 Oktober tersebut mempertandingkan 16 nomor atau kategori yang terdiri dari Kategori Terbuka (tanpa batasan usia), Kategori Wanita (tanpa batasan usia), Junior A Terbuka/Putri U19 (kelahiran tahun 2000 dan sesudahnya), Junior B Terbuka/Putri U17 (kelahiran tahun 2002 dan sesudahnya).

Sementara itu Junior C Terbuka/Putri U15 (kelahiran tahun 2004 dan sesudahnya), Junior D Terbuka/Putri U13 (kelahiran tahun 2006 dan sesudahnya), Junior E Terbuka/Putri U11 (kelahiran tahun 2008 dan sesudahnya), Junior F Terbuka/Putri U9 (kelahiran tahun 2010 dan sesudahnya), Junior G Terbuka U7 (kelahiran tahun 2012 dan sesudahnya) serta Kategori Veteran U55 (kelahiran tahun 1964 dan sebelumnya). (ALFIAN SANUSI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *