Pedagang Gedung Putih Sudah Bisa Ambil Undian Pindah Lapak, Besok

by
Salah seorang pedagang Gedung Putih mengemasi gantungan baju dan manekin sebelum pindah ke lapak baru di Pasar Terapung,(15/6). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Dinas Perdagangan dan Perindusterian Kota Ambon baru saja menerbitkan surat pengambilan nomor undian. Para pedagang Gedung Putih yang harus mengantongi nomor sebelum masuk ke pasar terapung selama masa revitalisasi Pasar Mardika.

Para pedagang Gedung Putih siang tadi menerima syarat yang baru saja diterbitkan pada 15 Mei 2021. Isinya meminta mereka datang dan mengambil nomor undian di balai kota.

Pedagang lain juga telah mengosongkan kios mereka sebelum mengambil nomor undian pindah ke pasar sementara

Sebelumnya, pihak disperindag mencetak nomor undian sebanyak 336 kemarin (14/6/2021). Nomor-nomor itu digunakan sebagai acuan pedagang menempati lapak atau kios papan di pasar terapung.

“Katong baru dapat surat. Besok baru pi ambil nomor undian,” kata Fin, seorang pedagang di pasar sambil menunjukkan pemberitahuan tersebut.

Dia dan ratusan pedagang lain telah menanti nomor itu. Menurut Fin, sejak ada surat pengosongan lapak oleh pemkot yang ketiga, mereka terus mempertanyakan nomor undian.

Para pedagang mengaku enggan pindah tanpa ada nomor undian lapak. Mereka khawatir hal itu dapat memicu perdebatan di lapangan. “Su ada undian ini alhamdulilah, katong bisa tau mau tempati lapak yang mana,” lanjut Fin.

Pada kesempatan terpisah kemarin, Kadisperindag Kota Amon, John Slarmanat mengatakan tengah berupaya agar tidak ada penundaan pengosongan gedung putih. Dengan begitu, pembongkaran gedung lebih cepat dilakukan.

“Katong sudah cetak, sudah ada nomor tinggal pedagang datang ambil. Boleh selama dua hari kedepan dong ke balai kota untuk ambil nomor,” terangnya kepada wartawan di ruang kerjanya.

Nomor undian yang dicetak sejumlah 336. Itu, sesuai kapasitas lapak yang dibangun pemkot melalui pihak ketiga. Khusus untuk pedagang di Gedung Putih, mereka mendapat jatah 270 lapak atau kios.

“Kalau dalam dua atau tiga hari ini dorang ambil undian, yah seminggu begitu dong kesempatan kasi kosong gedung putih dan pindah ke lapak baru,” jelas mantan kepala bagian hukum pemkot Ambon.

Berdasarkan surat pemberitahuan disperindag Kota Ambon, pedagang diberi waktu mengambil nomor undian pada Rabu 16 Juni 2021 pukul 09.00 0 16.00 WIT.

Pengambilan nomor dilakukan di ruang kerja disperindag lantai IV Balai Kota. (PRISKA BIRAHY)