Pedagang Pasar Mardika Demo Tolak Direlokasi Sementara ke Pasar Passo

by
Puluhan pedagang Pasar Mardika yang didampingi HMI Cabang Ambon berdemo di DPRD Ambon menolak mereka direlokasi sementara di Pasar Passo Ambon, Rabu (19/8/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Puluhan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon bersama puluhan pedagang Pasar Mardika berunjukrasa di Kantor DPRD Kota Ambon, Rabu (19/8/2020).  Pedagang menolak direlokasi sementara ke Pasar Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon akibat program revitalisasi Pasar Mardika oleh Pemerintah Kota Ambon.

Pedagang menolak direlokasi dengan alasan lokasi Pasar Passo jauh dari tempat tinggal mereka di pusat Kota Ambon, selain itu pasar juga sepih dari pembeli. Karena itu pedagang meminta DPRD memperjuangkan aspirasi mereka agar Pemkot mencari solusi terbaik.

Setelah berorasi di Gedung DPRD, pedagang dan HMI diterima langsung Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono dan sejumlah anggota DPRD lainnya. Mereka menyampaikan tuntutan kepada para wakil rakyat Kota Ambon.

Rustam berharap, tuntutan dari para pedagang bisa direspon oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon atas kebijakan merelokasi sementara pedagang di Pasar Passo yang tidak punya tempat di pasar Mardika.

Loading...

“Nanti kita minta Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Ambon agar tidak merelokasi pedagang terlalu jauh dari Pasar Mardika. Soal lokasi itu merupakan kewenangan dari dinas teknis,” kata Rustam.

Rustam meminta Pemkot Ambon untuk melihat persoalan ini dengan arif dan bijaksana. Agar kepentingan pedagang betul diakomodir dan pembangunan Pasar Mardika tidak menuai problem. “Kita juga akan mendorong untuk para pedagang tidak membayar sepersenpun untuk lapak yang akan ditempati nanti,” ujarnya.

Rustam juga menambahkan, DPRD akan memanggil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Disperindag dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk ikut membicarakan masalah ini bersama.

Revitalisasi Pasar Mardika Ambon akan segera dilakukan, karena itu sebagian pedagang harus direlokasi sementara di Pasar Passo. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *