Pegawai Ikut Kegiatan HUT Kota Ambon, Pelayanan Discapil Ditiadakan

by
Pengumuman di pintu pagar Kantor Discapil Ambon

AMBON- Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil) Pemkot Ambon  sejak  Jumat (2/9)   ditutup, karena pegawainya mengikuti  kegiatan dalam rangka menyongsong HUT Kota Ambon ke 441 di Balai Kota  Ambon.

Tidak ada satu pun pegawai di kantor yang berada di kawasan Jalan Rijali Belakang Soya Ambon itu.  Pintu pagar  kantor digembok. Di pintu pagar kantor,petugas memasang pemberitahuan dari Kepala Discapil Kota Ambon, Din Tuharea yang menyebutkan,  Jumat ini pelayanan di Kantor Discapil ditiadakan karena pegawai mengikuti kegiatan di Balai Kota  dalam rangka HUT  Kota Ambon ke 441.

“Diberitahukan kepada masyarakat, bahwa pada  Hari Jumat 2 September 2016, pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon ditiadakan, berhubung adanya kegiatan di Balai Kota menyongsong HUT Kota Ambon ke 441 tahun,” demikian isi pengumuman atas nama Kepala Dinas Discapil yang dipasang di pintu pagar kantor itu.

Warga yang hendak mengurus berbagai dokumen seperti kartu keluarga dan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (EKTP) tidak bisa masuk ke halaman kantor. Warga kecewa atas kebijakan ini.

Menurut  mereka,  meski ada kegiatan menyongsong HUT  Kota Ambon namun  pelayanan publik di kantor ini tetap  jalan. Warga juga menyatakan, sejak Kamis (1/9) pelayanan di Kantor Discapil Ambon tidak maksimal karena pegawai ikut kegiatan doa bersama pada dua lokasi.

Loading...

“Kita juga mendukung kegiatan pegawai menyongsong HUT Kota Ambon, tapi kalau sudah selesai kan bisa layanani warga yang membuat berbagai dokumen penting, atau masa semua harus ikut kegiatan, kasian kita sudah bolak balik tiga  hari hanya untuk buat surat keterangan pindah saja sulit,” kata Ny.  Kace Soplanit, yang hendak membuat surat keterangan pindah anaknya ke Saumlaki, untuk ikut tes di daerah itu pada Senin ini.

Warga lainnya juga berharap agar tidak semua pegawai ikut kegiatan di luar kantor. Menurut mereka  sebagian pegawai  harus memberikan pelayanan di Kantor Discapil sehingga tidak menyusahkan warga yang akan membuat berbagai dokumen termasuk  pembuatan EKTP, yang batas akhirnya makin dekat yakni 30 September ini.

“Discapil ini kantor pelayanan publik yang sangat dibutuhkan warga, karena terkait dengan kebutuhan hidup sehari-hari. Misalnya mau buat apa-apa harus ada KTP, kartu keluarga, keterangan domisili dan surat penting lainnya, lalu kalau pegawai  diliburkan bagimana dengan pelayanan kebutuhan  warga,” kata Herman, warga lainnya yang hendak buat kartu keluarga.

Seperti diketahui sejak Kamis (1/9) para PNS dan pegawai di lingkup Pemerintah Kota Ambon ikut dalam berbagai kegiatan menyongsong HUT Kota Ambon, termasuk pada Jumat (2/9) yakni kegiatan olahraga bersama  dan kegiatan lainnya di Balai Kota Ambon. ADI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *