Pelabuhan Rakyat Huamual Diresmikan Bupati SBB

by
Bupati SBB M.Yasin Payapo menggunting pita tanda peresmian Pelabuhan Rakyat Huamual di Desa Luhu Kecamatan Huamual, Rabu (4/4). FOTO : FADLI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Pelabuhan jadi fasilitas terpenting di wilayah kepulauan. Khususnya di desa-desa yang terpisah lautan, pelabuhan jadi sarana utama warga. Karena itu pembenahan serta pengembangan sarana dan fasilitas transportasi amat dibutuhkan. Seperti pembangunan Pelabuhan di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Bupati SBB M.Yasin Payapo meresmikan Pelabuhan Rakyat Huamual di Desa Luhu Kecamatan Huamual, Rabu (4/4).

Pembangunan pelabuhan  tersebut menelan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017 senilai Rp  9 miliar. Menurut Bupati,  pelabuhan jadi kebutuhan yang amat esensial bagi warga Desa Luhu. Segala aktifitas warga, perputaran ekonomi, pendidikan hingga kesehatan sangat mengandalkan ketersediaan sarana transportasi yang memadai.

Maka tak heran pembangunannya pun mempertimbangkan lokasi yang strategis serta mudah diakses warga. Yakni dibangun bersebelahan dengan Pasar Rakyat Desa Luhu. “Alhamdulillah, penyelesaian pembangunan pelabuhan ini tepat waktu, dangan kualitas yang cukup baik. Kami memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerjasama dengan baik. Ini juga tidak lepas dari pendampingan TP4D dan komitmen Pemda dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat,” kata Bupati.

Bagi Bupati Yasin Payopo, kinerja serta dukungan Dinas Perhubungan Kabupaten berarti besar bagi warganya. Dengan dibangunnya sarana prasarana yang memadai diharapkan mampu memudahkan aktifitas warga antar desa.Menurut Payapo, Pelabuhan Rakyat Kecamatan tersebut merupakan sarana yang berperan penting dalam menunjang kelancaran konektivitas di Kabupaten SBB.

Untuk itu lanjut Bupati,  pemerintah daerah terus berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarananya agar pelayan yang diberikan pelabuhan itu semakin maksimal. Selain pembangunan di laut, pemerintah tak melupakan pembenahan prasarana lainnya. Pemerintah Kabupaten juga tengah merencanakan peningkatan kualitas jalan. “Kita sudah merencanakan, bukan hanya fasilitas pelabuhan saja yang dibangun tapi juga sedang melaksanakan pembangunan jalan saat ini,” kata Payapo.

Bupati berharap, sarana prasarana konektivitas di Kabupaten ini kedepan semakin baik seiring upaya pemerintah membangun berbagai fasilitas penunjangnya. ” Semoga semua sarana dan prasarana yang merupakan konektifitas pembangunan di Kabupaten SBB ini semakin maju,” kata Payapo.

Peresmian Pelabuhan Rakyat juga dihadiri Wakil Bupati SBB Timotius Akerina, Kadis Perhubungan Kabupaten SBB, Adjait, Kepala Dinas Perindag dan Nakertrans, Hasanuddin SY Silawane. Tak ketingalan Kabag Kesbangpollinmas Saaban Patty, Kasatpol PP Lutfi Hehanussa Kapolsek Huamual Ipda Rahmad Ramdani dan toko masyarakat, adat serta tokoh agama.(FAD)