Pelaku Perjalanan yang Tuntas Karantina 14 Hari Bebas Beraktivitas

by

TERASMALUKU.COM, AMBON, – Ketua Harian Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19, Kasrul Selang memastikan pelaku perjalanan yang telah menuntaskan masa karantina 14 hari sudah bisa bebas melanjutkan perjalanan ke tempat yang mereka tuju di Maluku. Termasuk WNA yang masuk ke Ambon untuk melakuan perjalanan.

Masa karantina maksimal 14 hari mejadi salah satu standar pengamanan khususnya bagi mereka yang baru saja tiba di Ambon dari lokasi yang sudah terpapar COVID-19. Selama karantina para pelaku perjalanan akan ditempatkan di lokasi khusus dengan fasilitas yang telah disiapkan.

Untuk kebutuhan makan dan minum pemerintah daerah telah menyiapkan termasuk tenaga medis. “Pokoknya kalau dia sudah karantina 14 hari setelah itu dia bebas mau kemana saja. Terserah, termasuk WNA itu,” tegasnya kepada wartawan di teras depan Gedung Kantor Gubernur Maluku.

Loading...

Dirinya menjamin mereka yang sudah menuntaskan karantina sudah mendapat pemeriksaan ketat oleh dokter. Dan apabila selama masa itu kondisinya sehat maka tidak ada alasan untuk menahan mereka melakukan aktivitas. Baik untuk warga negara Indonesia pun asing yang terlanjur masuk ke Ambon.

Seperti dua warga negara asing yang saat ini tengah berada di karantina balai diklat keagmaan Ambon, Waiheru. Mereka berasal dari Prancis dan Italia. Saat wartawan menjumpa mereka, Iriana WNA Italia mengaku awalnya bingung dengan pemberlakukan karantina itu.

Dia tidak menerima kejelasan terkait masa karantina dan aktifitasnya kemudian. “Kalau sudah karantina, apa saya bisa lanjutkan perjalanan di Maluku. Saya tahu orang Maluku sehat-sehat dan kuat,” terang Iriana WNA berkebangsaan Italia.

Iriana menjelaskan kedatangannya ke Maluku untuk pekerluan jalan-jalan. sebelaumnya dia telah mengabiskan waktu berkeliling di indonesia dari sebelum wabah ini merebak. Dia pun berharap usai karantina bisa melanjutkan aktivitasnya. Dan hal itupun telah dijamin oleh Kasrul selama mereka patuh di masa karantina dan kondisi mereka sehat. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *