Pelanggar Protokol Kesehatan Siap Disidangkan di PN Ambon

by
Seorang warga mendapat hukuman push up karena tidak menggunakan masker saat Satgas Covid-19 Kota Ambon melakukan operasi justisi protokol kesehatan. FOTO : DOK. (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebanyak 126 pelanggar protokol kesehatan (Prokses) yang terjaring dalam operasi yustisi akan disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Ambon, pada Jumat (13/11/2020).

Operasi yustisi digelar Pemerintah Kota Ambon di masa penerapan PSBB sebagai upaya percepatan penanganan covid-19 di Kota Ambon.

Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, John Slarmanat mengatakan, ratusan berkas pelanggar Prokes tersebut juga sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Ambon.

“Berkas telah kami limpahkan pelanggaran PN Ambon, untuk disidang pada Jumat 13 Oktober besok,” kata John kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

Loading...

Dia menjelaskan, pelimpahan berkas pelanggaran Prokes tersebut paling banyak adalah pelanggar kategori moda transportasi. “Dari 126 berkas yang kami limpahkan ke PN Ambon, 70 persen itu terdiri dari pelanggar moda transportasi dan 30 persen kategori pelanggar umum, seperti tidak menggunakan masker, ” ujarnya.

John menambahkan, berkas pelanggaran Prokes yang dilimpahkan ke PN Ambon kini terus mengalami penurunan jumlah kasus. Ini membuktikan, meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan Prokes sebagai pedoman perubahan perilaku di masa pandemi covid-19.

“Pelimpahan yang dilakukan merupakan yang keempat kalinya. Kalau dibandingkan dengan pelimpahan-pelimpahan sebelumnya, maka bisa dilihat kali ini yang paling sedikit,” katanya (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *