Pelantikan Sejumlah Penjabat Negeri Kecamatan Werinama Diprotes Warga

by
Warga Kecamatan Werinama, Kabupaten SBT melakukan aksi protes terhadap Camat Werinama di pelataran Aula Pandopo Bupati, Sabtu (16/1/2021). Foto, Sofyan Kastela

TERASMALUKU.COM,-BULA-Sejumlah warga Kecamatan Werinama, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), merasa kesal dengan sikap Camat Werinama, Ismail Sikdewa.

Pasalnya, nama-nama yang diusulkan Camat untuk dilantik sebagai Penjabat (Pj) Kepala Pemerintahan beberapa Negeri Administratif di Kecamatan Werinama tidak sesuai dengan usulan dari Tim Pemenangan Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur (ADIL) di wilayah itu.

Protes ini disampaikan warga dari sejumlah Negeri yang ada di Kecamatan Werinama sebelum Bupati Abdul Mukti Keliobas melantik ratusan Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri di Aula Pandopo Bupati SBT di Bula, Sabtu (16/1/2021).

BACA JUGA : Ratusan Penjabat Negeri Dilantik, Ini Perintah Tegas Bupati SBT

Nama-nama yang diusulkan Camat Werinama untuk dilantik itu diantaranya, Nadira Jufri sebagai Penjabat Kepala Pemerintah Negeri Administratif Bemo, Abdul Latif Pattiha sebagai Penjabat Kepal Pemerintahah Negeri Administratif Perek dan Muhammad Pakalessy sebagai Penjabat Kepala Negeri Administratif Funabaya.

Kemudian Rosmala El sebagai Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Administratif Osong, M. Jen Kubal, menjadi Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Administratif Tum serta Saleh Rumaratu sebagai Kepala Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri Administratif Gusalaut.

Hasan salah satunya yang paling getol melayangkan protes. Hasan merupakan bagian dari Tim Pemenangan Pasangan ADIL di Kecamatan Werinama saat Pilkada SBT akhir tahun lalu. Dia meminta pelantikan Penjabat enam Negeri Administratif di Kecamatan Werinama itu harus dibatalkan.

“Pelantikan hari ini Kecamatan Werinama batal teman-teman media. Intinya Kecamatan Werinama batal, semuanya,”teriak Hasan sehingga menarik perhatian ratusan warga yang ada dilokasi tersebut dan langsung datang mengerumuninya.

Selain Hasan, warga lainnya juga meminta pelantikan Penjabat Kepala Negeri Administratif Osong juga dibatalkan. “Beta tahu, harus Penjabat Negeri Osong dibatalkan,”tutur seorang warga lainnya yang mengaku juga sebagai Tim Pemenang Pasangan ADIL.

Protes penolakan terhadap penjabat yang diusung Ismail Sikdewa semakin memanas. Mereka meminta kehadiran Camat Werinama datang dihadapannya. Hanya saja, camat tak kunjung datang. “Bapak carateker, panggil Camat Werinama disini,”teriaknya kesal.

Pantauaan terasmaluku.com di lokasi, tak lama kemudian, warga yang protes didatangi kepala P3MD SBT Jafar Kwairumaratu, untuk memberikan penjelasan atas pelantikan hari ini (Sabtu). Hanya saja meraka yang protes tetap bersih keras untuk dilakukan pergantian.

Sekitar 14:02 WIT, Bupati Abdul Mukti Keliobas pun tiba di lokasi. Orang nomro satu inipun tidak mengindahkan protes warga dan memerintahkan pelantikan untuk tetap dijalankan. “Pelantikan jalan, jalan. Jalan saja” ucap Bupati sembari menuju ruangan pelantikan.

Hingga saat pelantikan ratusan Penjabat Negeri dan Negeri Administratif berlangsung, protes warga masih terdengar dari luar ruangan.

Dan benar saja, keenam nama yang diusulkan Camat Werinama itu tetap dilantik sebagai Penjabat Negeri oleh Bupati Keliobas. (Sofyan)