Pelni Ambon : Statistik Penumpang Alami Penurunan Selama Pandemi

by
Kapal perintis Sabuk Nusantara lepas sauh di perairan Teluk Ambon, Kamis (29/7/2021). Foto : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-PT. Pelni Cabang Ambon mencatat terjadi penurunan jumlah penumpang yang diangkut kapal-kapal milik BUMN ini terjadi selama pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum berakhir.

Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff menjelaskan, jika dipersentasekan, terjadi penurunan 50 persen untuk jumlah penumpang.

Ini tidak terlepas dari kapasitas angkut yang dibatasi. Dimana kapal hanya boleh mengangkut 50 persen penumpang saja selama pandemi Covid-19.

Kantor PT. Pelni Ambon. Foto : terasmaluku.com

Akibatnya, lanjutnya Pelni merugi karena dampak ini. “Kalau statistiknya memang kita ada penurunan 30-50 persen. Apalagi kan daya angkut penumpang juga dibatasi hanya 50 persen, jadi kalau diblang kerugian ya kita ada kerugian 50 persen jika dibandingkan kondisi normal,”tuturnya menjawab terasmaluku.com Selasa (3/8/2021).

Apalagi saat ini pemerintah juga menerapkan PPKM, sehingga statistik penumpang pun semakin menurun lagi yang naik dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon menuju pelabuhan lain di Maluku maupun jalur-jalur yang disinggahi kapal Pelni seperti ke Papua dan juga wilayah Indonesia Tengah dan Barat. Ini terlihat dari penjualan tiket di Pelni Ambon.

Meski penumpang alami penurunan, untuk muatan barang kata Assagaff tetap normal. “Kalau muatan barang tetap normal seperti biasanya,”sambungnya.

Pada prinsipnya kata dia menambahkan, apapun kebijakan yang ditetapkan Pemerintah Pusat maupun daerah-daerah di Maluku terkait aturan transportasi, pihak Pelni tetap mendukung karena ini bagian dari upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Iya, kita ikuti apa kebijakan dari Pemerintah Pusat maupun dari daerah karena ini upaya bersama melawan Covid,”tandasnya. (Ruzady)