Pemakaman Jenazah Positif Covid-19 Pertama di Hunuth Usai Diguyur Hujan

by
Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) membawa jenazah positif covid-19 ke lokasi pemakaman, di TPU Hunuth Ambon dengan jalan lisió berlumpur, (7/5). FOTO: Relawan PMI Provinsi Maluku

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Pemakaman jenazah pasien positif Covid-19 di TPU Hunuth Kota Ambon, Kamis (7/5/2020) cukup menantang. Proses pemakaman di tengah areal licin dan berlumpur usai hujan itu berlangsung sekitar pukul 00.30 WIT atau lima jam setelah dinyatakan meninggal pukul 18.00 WIT di RSUD Dr. Haulussy pada Rabu 6 Mei 2020.

BACA JUGA : Terkonfirmasi Positif, Pasien Covid-19 Pertama Wafat Sejam Sebelum Hasil Keluar

Jenazah LS yang merupakan pedagang pasar itu dimakamkan dalam kondiis hujan. Jalan di areal pekuburan yang serupa tanah liat juga becek, licin . Namun pemakaman tetap dilakukan oleh tim dari PMI Provinsi Maluku.

Loading...
Sumber. Relawan Provinsi Maluku

Proses yang kian dramatasi. Pasalnya usai hujan jalan menjadi sangat licin. Mereka harus sangat berhati-hati memikul peti jenazah agar tidak tergelincir dan jatuh. Bahkan dari pantauan Terasmaluku.com di lokasi pemakaman, para relawan PMI yang membawa jenazah sampai harus mengganti posisi beberapa kali. Yakni untuk mamastikan agar tidak sampai terjungkal membawa beban yang dipikul.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang mengatakan, pasien positif yang meninggal ini dirawat pada Minggu 3 April 2020  dan langsung dilakukan swab untuk diuji menggunakan metode PCR di laboratorium milik jejaring kemenkes RI, BLTK-PP Ambon. Hasilnya, terkonfirmasi positif tepat sejam setelah pasien LS tutup usia. “Kami dikonfirmasi BKTL tadi hasilnya positif,” kata Kasrul.

Dia menambahkan, pemkot juga telah melakukan lacak jejak sejak keluar hasil reaktif menggunakan rapid test. Lacak jejak lebih awal dilakukan pada keluarga serumah dan terus diperluas sesuai riawayat mobilisasi mereka yang berkontak dengan lamarhum. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *