Pemancangan Tiang Pertama Bangun Mapolda Maluku

by
Kapolda Maluku, Irjen Polisi Baharudin Djafar (kanan) dan Gubernur Maluku, Murad Ismail (tengah) menekan tombol sirine pemancangan tiang pertama pembangunan Gedung dan Fasilitas Umum (Fasum) Kantor Mapolda Maluku di Tantui, Ambon, Jumat (18/9/2020). FOTO: ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON – Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Kapolda Maluku, Irjen Polisi Baharudin Djafar meresmikan pemancangan tiang pertama pembangunan Gedung dan Fasilitas Umum Kantor Mapolda Maluku di kawasan Tantui, Ambon, Jumat (18/9/2020).

Pemancangan tiang pertama pembangunan markas Polda Maluku yang terletak di lahan reklamasi itu ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur dan Kapolda.

Kantor dan fasilitas umum Polda Maluku dibangun diatas lahan seluas 5 hektar dipesisir pantai Tantui yang dihibahkan oleh Pemda Maluku dan anggaran pembangunan bersumber dari APBN Tahun 2020 senilai Rp. 64 miliar lebih (44 persen) dan 2021 senilai Rp. 75 miliar lebih (56 persen).

Pembangunan ini dikerjakan oleh PT. Adikarya Persero dengan nilai kontrak Rp. 135 miliar lebih selama 345 hari terhitung sejak 24 Juli 2020 hingga 19 Juli 2021.

Dalam sambutannya, Kapolda Maluku, Irjen Pol. Baharudin Djafar mengatakan melalui pembangunan Mapolda, dia ingin meninggalkan warisan yang terbaik di Maluku bagi generasi penerus. Apalagi masa tugasnya sebagai seorang polisi akan berakhir dalam empat bulan kedepan.

“Tinggal 4 bulan lagi saya jadi polisi, kami ingin meninggalkan yang terbaik,”ucapnya saat berikan sambutan pada Ground Breaking Ceremony Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung dan Fasum Kantor Polda Maluku di Tantui, Ambon, Jumat.

Dia juga berharap, dalam penggunaan anggaran untuk pembangunan Mapolda Maluku ini berjalan lancar tanpa meninggalkan permasalahan dikemudian hari. “Setelah saya pensiun, saya harap tidak dipanggil-panggil karena ada kesalahan dalam pembangunan ini,”sambungnya.

Loading...

Selain itu, dia juga mengingatkan kepada pihak perusahan yang menangani pembangunan Mapolda Maluku itu agar mengutamakan keselamatan dalam bekerja serta mengedepankan protokol kesehatan.

Tidak lupa, dia juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Gubernur Maluku yang terus memberikan dukungan untuk pembangunan kantor Mapolda Maluku ini.

“Saya selaku pengguna anggaran dan user daripada bangunan Mako ini sampaikan terimakasih kepada Gubernur kami sangat respek dan hormat. Kami ingin memberikan legasi warisan yang terbaik bagi semua polisi-polisi yang ada di Maluku ini,”imbuhnya.

Sementara Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan menyambut baik pembangunan gedung dan fasum Mapolda Maluku. “Kami percaya dengan adanya pembangunan kantor dan fasilitas umum Mapolda Maluku, akan ada peningkatan sumber daya dan peningkatan kerja yang semakin optimal dalam pelayanan kepolisian,”sebutnya.

Apalagi kata Gubernur, peran kepolisian sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan pembangunan di masa depan. “Olehnya itu saya berharap dengan pembangunan gedung kantor ini lebih memaksimalkan dan dapat memperluas pelayanan kepada masyarakat hingga ke wilayah terluar dari Provinsi Maluku,”sambungnya.

Dipastikannya, Pemda akan mensupport semua langkah yang ditempuh kepolisian  dan meningkatkan pengawasan pembangunan, penegakan hukum serta menjaga keamanan dan ketertiban sesuai kewenangan yang dimiliki Pemda.

Kepada PT. Adikarya Persero, Gubernur berpesan agar dapat memberikan kontribusi dalam mendukung pembangunan di Maluku dengan melibatkan anak-anak daerah dan pemanfaatan materil (bahan proyek) lokal dalam pelaksanaan pembangunan sehingga membuka peluang pekerjaan bagi pekerja lokal ditengah-tengah pandemi covid-19. (RUZADY ADJIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *