Pembalap Australia Juarai Tour de Molvccas

by
Gubernur Maluku menyerahkan hadiah dan medali kepada para juara Tour de Molvccas di Gong Perdamaian Ambon, Jumat (22/9). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pembalap asal Australia Marcus Culey, berhasil meraih juara umum balap sepeda internasional, Tour de Molvccas (TdM) 2017, setelah menyelesaikan etape terakhir di Kota Ambon, sejauh 82,29 kilometer (Km), Jumat (22/9) petang.

Marcus yang berlomba dengan St George Continental Cycling Team, asal Australia ini  mengukuhkan keperkasaannya  dalam lima etape melintasi  Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Tengah, Seram Timur dan Kota Ambon, dengan total lintasan sejauh 714 Km.

Marcus sejak etape pertama hingga etape empat di Pulau Seram, pemimpin klasmen peraih waktu tercepat atau  pemegang jersey kuning ini memastikan juara umum dengan total waktu kecepatan  15 jam 18 menit 31 detik.

Di setiap etape yang dilalui,  Marcus memang selalu berhasil mempertahankannilai tertingginya. Marcus mengungguli pesaing terberatnya, Jai Crawford dari tim  Kinan, Jepang. Jai pembalap asal Francis ini memiliki massa kecepatan w 15 jam 18 menit 36 detik.

Sementara di urutan ketiga juara bergensi ajang balap sepeda internasional ini, diraih pembalap Fhilipina, Jesse Ewart dari tim 7Eleven – Roadbike Philippines dengan massa  kecepatan waktu 15 jam 18  menit 40  detik.

Sementara itu  Thomas Lebas, pembalap dari Spanyol, asal tim Kinan,  juara Tour de Flores 2016 hanya menempati urutan keempar dengan total massa kecepatan 15 jam 22 menit 55 detik.

Upacara pengumuman pemenang (UPP) berlangsung di Gong Perdamaian yang dihadiri Gubernur Maluku Said Assagaff, Kapolda Maluku Irjen Pol. Deden Juhara, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Bupati Seram Bagian Timur, Mukti Keliobas, peserta lomba TdM serta disaksikan ratusan warga Ambon.

Juara umum ini merupakan juara bergensi di setiap lomba balap sepeda internasional. Gubernur menyerahkan langsung hadiah dan medali kepada pemenang juara ini. ”Kalau dilihat dari kecepatan waktu, terjadi persaingan yang luar biasa, selisihnya hanya detik dari juara satu, dua hingga juara ketiga. Tapi ini luar biasa,” kata Gubernur Maluku.

Sejak awal sudah diprediksikan Marcus bakal menjadi juara umum di  ajang TdM. Atas juara yang diraihnya, Marcus mendapat hadiah medali dan uang pembinaan sebesar Rp 50.000.000, sementara juara kedua  mendapat hadiah Rp 25.000.000, dan juara ketiga mendapat hadiah Rp 15.000.000.

Dalam UPP ini juga disampaikan juara berbagai katagori lainnya termasuk raja tanjakan diraih Ricardo Garcia, asal tim Kinan, Juara kedua diraih Mohammad Zawawai Azman dari Malaysia dan juara ketiga diraih Thomas Lebas dari  tim Kinan. Dalam UPP ini juga, Gubernur langsung menutup event TdM yang berlangsung sejak Senin (18/9). (ADI)