Pembunuh Perwira Polda Maluku Dihukum 14 dan 13 Tahun Penjara

by
Keluarga terdakwa kasus pembunuhan anggota polisi tak kuasa menahan sedih atas vonis majelis hakim untuk dua terdakwa.

AMBON- Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Selasa (1/11) menjatuhkan vonis dua terdakwa pembunuhan perwira menengah Polda Maluku AKBP Martin Mairuhu dengan hukuman 14 dan 13 tahun penjara. Vonis majelis hakim PN Ambon ini disambut protes dan isak tangis keluarga terdakwa. Terdakwa Febry Suitela divonis 13 tahun penjara, sedangkan Wellem Salampessy divonis 14 tahun penjara. Putusan ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut kedua terdakwa ini dihukum 15 tahun penjara.
Dalam putusannya majelis hakim yang diketuai Herry Setiabudi, beranggotakan Jimmy Wally dan S.M.O.Siahaan menyatakan dua terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah terlibat pembunuhan terhadap korban. “Perbuatan terdakwa telah menghilangkan nyawa orang lain, dan oleh karena itu majelis hakim menjatuhkan vonis penjara masing –masing kepada terdakwa Febry dengan hukuman 13 tahun penjara dan terdakwa Wellem divonis 14 tahun penjara,”kata Herry saat membacakan amar putusannya itu.
Atas putusan ini, kuasa hukum kedua terdakwa langsung mengajukan banding, sedangkan JPU menyatakan pikir-pikir. Putusan majelis hakim ini disambut protes anggota keluarga terdakwa mulai dari ruangan sidang hingga ke halaman pengadilan. Mereka tak kuasa menahan sedih atas putusan ini, apalagi saat terdakwa dibawa ke Lapas dengan mobil tahanan. “Kami serahkan ke tangan Tuhan atas putusan majelis hakim ini. Putusan ini tidak adil bagi kami,” teriak sejumlah keluarga terdakwa. Keluarga terdakwa juga histeris dan nyaris terlibat baku pukul dengan keluarga korban di PN Ambon itu. Namun aparat Polsek Sirimau dan Polres Pulua Ambon langsung melerai kedua kelompok warga ini agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.Pembunuhan terhadap AKBP Martin terjadi pada Minggu 3 Januari 2015 saat korban menghadiri acara syukuran ulang tahun anggota keluarganya di kawasan Suli Bawah Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. (DIT)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *