Pemda dan DPRD SBT Dikecam Warga Gara-gara Ini

by

TERASMALUKU.COM,-BULA-Warga Dusun Kilbon Tewa, Desa Administratif Kilbon Kway, Kecamatan Kilmury, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kecam sikap Pemerintah Daerah dan DPRD SBT.

Ini lantaran mereka merasa diabaikan Pemda maupun DPRD atas persoalan yang terjadi di Dusun tersebut.

Loading…

Padahal warga telah berulang kali melayangkan proposal kepada Pemda melalui BPBD SBT minta dibangun talud penahan ombak di bibir pantai untuk lindungi masjid dan Dusun. Namun permintaan warga ini tidak kunjung direspon. Begitu juga dengan para wakil rakyat di SBT.

Alhasil, saat musim gelombang setiap tahunnya, bangunan masjid yang terletak di bibir pantai kerap kali dihantam ombak karena belum ada talud penahan ombak.

“Pemda dan DPRD SBT terlihat mengabaikan apa yang menjadi permintaan masyarakat Kilbon. Kami meminta talud penahan ombak, untuk melindungi Masjid dan Dusun kami dari pukulan ombak. Itu saja tidak ada selama bertahun-tahun,” ucap Hardi Kwaikamtelat, warga Desa Administratif Kilbon Kway kepada media ini via seluler Jumat, (05/02/2021).

Pria yang akrab disapa Jibon ini sangat sesali sikap Kepala BPBD SBT, Usman Keliobas. Karena, Keliobas tidak serius dalam menjalankan tugas pemerintahan untuk melayani masyarakat di SBT, khususnya di wilayah Kecamatan Kilmury.

“Kami adalah contoh nyata. Bahwa tiap bencana alam, kami selalu mendapat dampaknya. Akibat tidak adanya talud penahan ombak, masyarakat terpaksa bergotong royong membuat talud dari papan. Sungguh terlalu Pemda SBT ini,” kesalnya.

DPRD SBT melalui Komisi C pun diminta untuk segera menyikapi persoalan ini. “Komisi C jangan diam. Harus ada pansus melihat bencana ini. Masyarakat sengsara sekarang,”tegasnya.

Untuk diketahui, pada Jumat sore kemarin, gelombang laut kembali menghantam kawasan tersebut. Untungnya ada talud penahan sementara yang terbuat dari papan kayu yang dibuat masyarakat.

“Kalau seng (tidak) ada penada yang masyarakat bikin dari papan itu, ombak bisa kasih robohkan Masjid yang ada di Dusun Tewa. Tolong Pemda dan DPRD SBT buka mata hati liat masyarakat Kilmury,”harapnya. (Sofyan)

Baca Berikutnya..

KM. Sandoro Karam, ABK Selamat