Pemda SBB Garap Lahan Kebun 10 Hektar, Bupati : Hasil Panennya Untuk Warga

by
Bupati SBB M. Yasin Payapo dengan alat berat, Sabtu (18/7/2020) menggarap lahan di Desa Morekau Kecamatan Seram Barat Kota Piru untuk ditanami tanaman umur pendek. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Untuk menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menggarap lahan kebun seluas 10 hektar. Lahan tersebut milik warga yang dipinjamkan kepada Pemda SBB.

Lahan kebun yang berlokasi Desa Morekau Kecamatan Seram Barat Kota Piru itu dibuka langsung oleh Bupati SBB M.Yasin Payapo, Sabtu (18/7/2020).  Saat pembukaan lahan kebun ini, Bupati membawa mesin bajak traktor untuk menggarap lahan yang akan ditanami berbagai tanaman umur pendek.

Bupati mengatakan pembukaan lahan perkebunan ini sebagai wujud nyata pemerintah dalam upaya menjaga ketersediaan pangan di tengah pandemi Covid-19.”Gerakan berkebun ini kita lakukan untuk menjaga ketersediaan pangan saat kondisi pandemik ini,” kata Payapo.

Loading...

Lahan kebun tersebut akan ditanam tanaman umur pendek berupa ubi-ubian, seperti singkon, talas (keladi) ubi jalar sayur dan lainnya.

Bupati mengatakan semua hasil panen kebun akan diberikan untuk masyarakat SBB yang membutuhkannya dalam situasi pandemi civid-19.” Hasil panennya untuk masyarakat, yang membutuhkannya, datang daftar langsung ambil tanpa bayar,” ujar Payapo.

Bupati juga mengapresiasi pemilik lahan yang meminjamkan lahan 10 hektar mereka untuk dikelola sementara oleh pemerintah daerah.” Saya ucapkan terimakasih kepada pemilik lahan yang mana mereka telah meminjamkan lahannya kepada Pemda untuk dijadikan kebun,” ujar Bupati.

Hadir dalam pembukaan lahan kebun,  Ketua DPRD SBB, Abd.Rasyid Lisaholit, Kaporles SBB AKBP Bayu Tarida Butar Butar, Sekda SBB Mansur Tuharea  dan pejabat lainnya. (Fadli.B)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *