Pemerintah Fasilitasi Kebutuhan ODP Luar Maluku Selama Karantina

by
FOTO: Dok. Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COMA,AMBON,  – Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Maluku menjamin kebutuhan hidup para ODP selama masa karantina di Ambon.

Hal itu diungkapkan Ketua Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Maluku Kasrul Selang saat mengunjungi 14 ODP di BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) siang tadi, (26/3/2020). Para ODP ini merupakan mereka yang berkontak dekat dengan pasien 01 yang kondisinya terus membaik di ruang isolasi.

Mereka yang bukan berasal dari Maluku ini tentu punya pertimbangan saat harus berada lama tanpa kontak keluar gedung selama karantina. Hal itu jelas berimbas pada biaya kebutuhan hidup mereka. Terkait itu Kasrul memberikan tanggapannya.

“Selama berada disini, adik-adik tidak perlu khawatir. Kalian difasilitasi,” katanya memberi semangat. Seluruh kebutuhan ODP asal luar Maluku akan ditanggung Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Maluku.

Kasrul siang itu datang bersama Kepala BPSDM Provinsi Maluku Hadi Sulaiman, dan Plt. Kabiro Humas dan Protokol Setda Maluku Melky Lohy juga relawan Palang Merah Indonesia (PMI) yang tergabung dalam gugus tugas tersebut.

Panjangnya antrian uji sampel di lab jadi alasan mereka bertahan lebih lama di tempat karantina itu. Proses tes pun bukan cuma sekali, melainkan dua kali. “Ternyata harus dua kali ambil. Kalau misalnya hasil pemeriksaan sampel yang pertama, (insya Allah negatif), masih harus ada satu kali lagi. Jadi memang prosedur kesehatannya seperti itu,” ujar Kasrul.

loading...

Meski begitu, Kasrul meminta agar para ODP ini tidak perlu merasa khawatir. Segala kebutuhan mereka selama di karantina, akan difasilitasi oleh Gugus Tugas melalui BPSDM Maluku.

Sementara itu, data update COVID-19 di Provinsi Maluku per-pukul 12.00 WIT tanggal 26 Maret 2020 dari Gugus Tugas Maluku, mencatat 1 orang positif, 4 orang PDP, dan 98 ODP. Pasien dalam status positif Covid-19 yang kini diisolasi dan dirawat di RSUD dr. Haulussy juga telah menunjukkan perubahan yang semakin membaik. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *