Pemerintah Minta Masyarakat Terapkan PHBS Cegah Corona

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, –Pemerintah Kota Ambon meminta kepada masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal tersebut karena mengantisipasi virus Corona Covid 19 yang telah menghantui masyarakat dibelahan dunia termaksud Indonesia.

“Saya minta masyarakat untuk terapkan PHBs di lingkungan dan kehidupan sehari-hari,” kata Sekretaris Kota A.G Latuheru dalam rapat koordinasi bersama pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon, di Balai Kota Ambon, Senin (2/3/2020).

Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru memimpin rapat koordinasi bersama pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon terkait virus Corona yang mulai masuk Indonesia, Senin (2/3/2020).

 

Dia mengaku, rakor yang dilaksanakan ini karena pernyataan yang dikeluarkan Presiden RI, Joko Widodo terkait dua orang WNI yang positif mengidap virus corona. Hal ini tentunya menambah kecemasan bagi masyarakat, karena itu, Presiden memerintahkan para Kepala Daerah untuk segera melakukan langkah preventif, guna mengurangi kecemasan masyarakat, terutama penyebaran informasi HOAKS.

 

Latuheru mengatakan, rakor yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran informasi hoaks sekaligus mendidik masyarakat untuk bagaimana menghindari diri dari penyakit-penyakit menular, khususnya Virus Corona.

“Ada beberapa langkah untuk mengantisipasi penularan penyakit tersebut, salah satunya dan yang terutama adalah bagaimana kita menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Contoh gampang adalah senantiasa mencuci tangan dengan mengunakan sabun dan air yang mengalir, setelah berpergian,” ungkapnya.

Sekot mengungkapkan, penyebaran virus corona tidak melalui udara, melainkan dari manusia ke manusia, dari benda ke manusia dan dari hewan ke manusia. “Menggunakan masker, salah satu cara mencegah penularan, tapi alangkah lebih baik bila diselingi dengan kebiasan hidup sehat dan bersih, dengan mencuci tangan serta menjaga kondisi fisik selalu prima,” kata Latuheru.(ALFIAN SANUSI)