Pemerintah Zuidplas Belanda Bantu Korban Gempa Ambon

by
Tim dari Zuidplas Belanda yang melakukan pendataan korban gempa menemui Sekot Ambon, A.G. Latuheru di Balai Kota Ambon, Selasa (7/1/2020). FOTO : ANTARA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota Zuidplas Belanda siap membantu korban bencana alam gempa bumi di Pulau Ambon dan sekitarnya. Tim dari Zuidplas Belanda sementara melakukan pendataan dan menerima masukan dari instansi teknis, terkait bantuan yang akan diberikan, kata perwakilan dari kota Zuidplas Belanda, Thejoma Haurissa.

“Saat ini tim telah turun untuk melihat kondisi yang terjadi, tetapi memang butuh data dari lembaga yang berkompeten, dalam hal ini Pemkot Ambon melalui dinas teknis,” katanya saat melakukan pertemuan di Balai kota Ambon, Selasa (7/1/2020).

Menurutnya, data lapangan banyak akses jalan yang rusak akibat gempa, karena itu akan berupaya membantu.”Kita juga akan membantu daerah lain yang terdapak gempa bumi seperti Maluku Tengah (Malteng), jadi bukan hanya kota Ambon,” ujarnya.

Kegiatan sosial yang dilakukan Pemerintah Kota Zuidplas Belanda juga merupakan bentuk kepedulian dan memperkuat hubungan dan ikatan persaudaraan antara Kota Zuidplas-Belanda dan Kota Ambon Indonesia. Setelah kunjungan dan pendataan yang dilakukan tim di Ambon dan Malteng, maka data ini dibawa ke Zuidplas guna nantinya dipresentasikan ke Wali kota dan warga Zuidplas. “Apa yang kami lakukan ini sudah mendapat lampu hijau dari Wali kota Zuidplas. Dan Walikota Zuidplas akan secepatnya memberikan bantuan untuk Ambon,” ujarnya.

Thejoma mengakui, proyek konstruksi tersebut akan segera dilakukan setelah tim kembali ke Zuidplas. Membantu kerja kemanusiaan dan bantuan ke Maluku, Kosmos Enterprise telah membuka perwakilannya di kota Ambon, sehingga kedepan kordinasi penyaluran bantuan bisa lebih baik dan maksimal.

“Sesuai rencana kami kembali ke Belanda tanggal 13 Januari 2020, dan langsung bertemu dengan wali kota untuk menyampaikan apa yang sudah kami dapat di Ambon. Kami yakin dalam waktu dekat, bantuan akan segera dikirim untuk membantu penderitaan sesama saudara yang ada di kota ini,” terangnya. (ant)