Pemilu Sebentar Lagi Aliansi Mahasiswa Papua Di Ambon Gelar Aksi Tolak Pemilu 2019

by
Aliansi mahasiswa Papua menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Patung Leimena Ambon, Senin (18/2) untuk menolak pemilu dan tidak memilih calon (Golput) pada April mendatang. FOTO: Alfian Sanusi

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam komite boikot pemilu 2019 dan aliansi mahasiswa Papua menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Patung dr. Johannes Leimena Ambon, Senin (18/2/2019). Aksi tersebut dilakukan untuk menolak pemilu dan tidak memilih calon (Golput) manapun pada April mendatang.

Koordinator lapangan (Korlap) aksi C. Fani mengatakan, pemilihan 2019 semakin dekat dan rakyat kembali dihadapkan pada pilihan yang tak ada bedanya dengan tahun sebelumnya. Dia menilai tak ada program-program yang mampu menjawab tuntutan rakyat atas permasalahan demokrasi maupun kesejahteraan.

“Sehingga Golput adalah pilihan yang paling masuk akal dan itu menjadi sikap kami dalam pemilu 2019 ini,” katanya. Dia juga menyarankan agar rakyat tidak memilih partai dan calon-calon legislatif yang korup, atau partai yang menipu rakyat, dan satu barisan dengan para pelanggar HAM.

“Jangan memilih yang tidak memecah belah rakyat dengan sentimen agama, tidak rasis, dikendalikan militer, dan tidak ketat dengan kepentingan kapital,” jelasnya. Menurutnya, dalam konteks Pemilihan Presiden 2019, ada borjuasi dengan kekuatan kapital yang besar serta militer dan sisa-sisa orde baru yang terlibat dalam tim pemenangan Jokowi maupun Prabowo.

Sehingga, terlibat militer dan sisa-sisa orde baru di kedua kubu cukup menunjukan bahwa siapapun yang terpilih nanti tak akan ada yang serius mengadang militer dalam berpolitik.

“Deretan hal tersebut memperkuat alasan mengapa kami memilih untuk tidak memilih, karena memilih salah satu berarti mendukung masuknya militer dalam kehidupan sipil dan mendukung penindasan sistematis terhadap pekerja,” ujarnya. (ALFIAN SANUSI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *