Pemkab Bursel Gandeng BPKP Maluku Gelar Bimtek dan Pelatihan

by
Sekda Bursel (tengah) dan pejabat BPKP Maluku saat Bimtek, Kamis (30/11). FOTO : FIK (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru Selatan (Bursel) menggandeng BPKP Maluku menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pelatihan pengelolaan barang milik daerah kepada aparat sipil negara (ASN) di Aula Kantor Bupati Bursel,  Kamis (30/11).

Kegiatan yang  dibuka Sekda Bursel, Sahroel Pawa ini dalam rangka terlaksananya tertib administrasi dan tertib pengelolaan serta optimalisasi pemanfaatan barang milik daerah sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

Bimtek dan pelatihan yang diikuti aparatur Pemerintah Daerah Bursel terkait pengelolaan barang milik daerah ini  dengan narasumber pejabat BPKP Perwakilan Maluku. Sekda saat membacakan sambutan Bupati Bursel, Tagop S Soulisa mengungkapkan, Bimtek ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Pemkab Bursel untuk memperbaiki tata kelola barang milik daerah.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pola pikir dan pemahaman terhadap tugas dan fungsi khusunya para bendahara barang sehingga dapat melaksanakan tertib administrasi serta menyeragamkan langkah dan tindakan yang diperlukan dalam penatausahaan, pengelolaan dan pelaporan aset/barang milik daerah sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada,”kata Soulisa.

Ia mengatakan, Permendagri Nomor 19 tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang milik Daerah dalam implementasinya harus benar benar dapat dikelolah dengan baik, sehingga dapat terlaksana, tertib adimistrasi dan tertib pengelolaan, serta optimaliasi barang milik daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Harapan aya, melalui kegiatan ini pengelola barang milik daerah mulai dari pimpinan OPD sampai operator dan pengurus penyimpanan  barang, untuk memperbaiki administrasi supaya dapat menjalankan pengelolaan barang dengan benar dan propesional, sehingga validasi data barang pada unit kerja harus up to date jangan asal asalan,” ungkap Pawa saat membacakan sambutan Bupati Bursel. (FIK)