Pemkab Bursel Gelar Pelatihan SAP Berbasis Akrual

by
Kepala BKD Bursel, AM Laitupa (tengah) saat membuka pelatihan akutansi berbasis akrual di Kantor Bupati Bursel, Senin (9/4) dan akan berlangsung hingga Jumat 13 April.

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE-Guna mempersiapkan laporan keuangan daerah yang baik dengan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) yang berbasis akrual, Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Ekonomi dan Manajemen Universitas Indonesia (LPEM UI) mengelar pelatihan akutansi berbasis akrual. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala BKD Bursel, AM Laitupa di Aula Kantor Bupati Bursel, Senin (9/4) dan akan berlangsung hingga Jumat 13 April.

Bupati Bursel, Tagop S Soulisa dalam sambuntannya yang dibacakan Kepala BKD Bursel, AM Laitupa, menyambut baik terlaksananya  pelatihan bagi Pejabat Penatausaha Keuangan (PPK) dan Kepala Sub bagian perencanaan dan Keuangan Daerah Bursel.

“Saya harapkan melalui Bimtek yang dilaksanakan selama tiga hari ini,  nantinya para pelaku akuntansi akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan dalam pengelolaan laporan keuangan di masing-masing SKPD secara baik, benar sesuai tuntutan PP No. 71 tahun 2010 tentang SAP,” kata Soulisa.

Soulisa mengungkapkan, terhitung tahun anggaran 2015 sampai dengan tahun anggaran 2018 ini, Pemkab Bursel secara bertahap masih berproses dalam implementasi akuntansi pemerintahan berbasis akrual.

“Basis akrual adalah suatu basis akuntansi dimana transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi diakui, dicatat dan disajikan dalam laporan keuangan, pada saat terjadinya transaksi tersebut. Sehingga pelaporan dapat dilakukan lebih cepat, tanpa memperhatikan waktu kas diterima atau dibayar,” kata Soulisa.

Untuk itu, Bupati minta para peserta pelatihan terkhusus bagi PPK, Kepala Sub bagian perencanaan dan Keuangan hendaknya dapat mengikuti dan memahami dengan sebaik-baiknya setiap materi yang disampaikan, sehingga nantinya setiap laporan keuangan pemerintah daerah akan lebih baik dan akuntabel. Pembukaan kegiatan ini dihadiri sejumlah Pejabat OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bursel dengan narasumber dari LPEM UI, Zarwin Sabar . (FIK)