Pemkab Bursel Gelar Sosialisasi Penggunaan Dana Hibah dan Bantuan Sosial

Pemkab Bursel Gelar Sosialisasi Penggunaan Dana Hibah dan Bantuan Sosial

SHARE
Pemkab Bursel menggelar sosialisasi penggunaan dana hibah dan bantuan sosial, di Kantor Bupati Bursel, Sabtu (2/6/2018). Kegiatan ini dibuka Sekda Bursel.

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE- Dalam rangka mengoptimalisasikan penggunaan dana hibah, Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar sosialiasi tentang mekanisme pemberian hibah dan bantuan sosial yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Bursel, Sabtu (2/6/2018).

Kegiatan sosialisasi terkait dengan tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, pertanggung jawaban dana hibah dihadiri para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel, diantaranya, Sekda Bursel, Sahroel Pawa, para asisten, staf ahli, pimpinan OPD, Ketua Parpol, Ketua OKP, Ormas dan pihak penerima bantuan hibah dan sosial.

Sekda Bursel saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, sebagai salah satu instrumen penting dalam pemberdayaan dan pengembangan melalui bantuan hibah kepada pihak terkait memiliki prosedur tersendiri yang harus ditaati demi terciptanya optimalisasi pendayagunaannya, dimulai sejak penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan hingga pelaporannya.

“Pemerintah Kabupaten Bursel telah menjabarkan ketentuan tersebut dengan menerbitkan peraturan Bupati Bursel Nomor 03 tahun 2015 yang mengatur tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, pertanggung jawaban dan pelaporan serta monitoring dan evaluasi belanja hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD”, jelas Sekda Pawa.

Lebih lanjut Pawa menambahkan, mekanisme pemberian hibah memiliki mata rantai yang panjang, mulai dari adanya proposal permohonan, verifikasi dan evaluasi SKPD terkait, pengajuan rekomendasi terhadap tim anggaran pemerintah daerah, penyusunan surat keputusan tentang daftar calon penerima hibah, penyusunan daftar penerima hibah dalam KUA PPAS, kemudian dibahas dalam perda APBD dan penjabarannya serta dianggarkan dalam APBD sesuai siklus alur perencanaan yang tepat dan baik.

Pawa berharap agar kegiatan sosialisasi bantuan dana hibah dan bantuan sosial dapat dilaksanakan tanpa menyalahi ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
Sosialisasi terkait dengan mekanisme penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, pertanggung jawaban belanja bantuan dana hibah itu disampaikan oleh Kadis Keuangan Bursel, Iskadar Walla, Stap Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bursel, Ahmad Sahubawa dan Kepala Bidang BPKAD Bursel, Jeane Pisampessy. Peserta sosialisasi, pihak penerima bantuan hibah dan sosial terlihat antusias mengikuti kegiatan ini dengan memberikan pertanyaan terhadap pemateri. (FIK)

loading...