Pemkab Bursel Pertama Kali Gelar Popda Pelajar

by
Wakil Bupati didampingi Sekda Bursel membuka Pekan Olahraga Daerah (Polda) tingkat SMA/SMK pada Senin (28/8) hingga Kamis (31/8). FOTO : FIK (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE –Untuk pertama kalinya Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar pekan olaraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat SMA/SMK,   Senin (28/8)  hingga Kamis (31/8).   Ada enam cabang olaraga yang diperlombakan dalam event ini yakni,  sepak bola, volly ball, catur, silat, tenis meja dan atletik.

Wakil Bupati Bursel, Ayub Saleky saat membuka Popda di Alun-Alun Kota Namrole Jalan Kilo Meter II Desa Kamlanglale, Kecamatan Namrole, Senin (28/8) mengatakan, penyelenggaraan Popda harus sukses. Sebab Popda   menjadi ajang kompetisi siswa, sekaligus media pembinaan dan pengembangan olaraga daerah di tingkat regional, maupun nasional.

Ia mengatakan,  Bursel baru pertama kali  menggelar Popda ini. “Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah Bursel, saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen Popda  di Bumi Bipolo, Kota Namrole. Popda ini memiliki peran yang kompleks karena mampu menghasilkan bibit – bibit atlit yang berprestasi dan nantinya dapat mengaharumkan nama daerah di kanca nasional maupun internasional, “ kata Saleky.

Loading...

Kepada peserta Popda, Saleky berharap dapat berlomba secara sportif menjungjung tinggi nilai – nilai kebersamaan persatuan dan kesatuan. “Selamat berlomba, selamat berkompetisi jungjung tinggi nilai – nilai spotifitas, serta rasa persaudaraan diantara kita semua, “ ujar Saleky.

Sementara itu secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaraga Kabupaten Bursel, Natanel Soulisa mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk memupuk, memelihara dan menggalang rasa persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar.

“Manfaat lainnya sebagai wadah pembinaan lanjutan untuk berolahraga di sekolah – sekolah dan klub – klub olaraga pada tingkat desa maupun kecamatan agar dapat menciptakan siswa yang berprestasi, cerdas, dan berbudaya, serta pengembangan jiwa spotifitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab, “ kata Soulisa.

Sementara itu, Ketua Panitia Popda Kabupaten Bursel Kader Lesilawang dalam laporannya merincikan, sebanyak 312 pelajar dari empat kecamatan di Bursel mengikuti ajang  ini.  Peserta yang berprestasi dalam ajang ini akan mewakili Kabupaten Bursel dievent regional nantinya. (FIK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *