Pemkot Ambon-Bank Maluku Launching Pembayaran Pajak Online

by
Pejabat Walikota Ambon dan pihak Bank Maluku-Malut melakukan penandatanganan kerjasama pembayaran pajak dan retribusi online, Senin (10/4). FOTO : IAN (TERASMALUKU)

AMBON- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Bank Maluku-Malut melakukan  penandatanganan  kerjasama dan melaunching, luncurkan  layanan pembayaran pajak retribusi daerah secara online. Penandatangan ini berlangsung di pelataran Kantor Bank Maluku-Malut Ambon, Senin (10/4) yang dilakukan Penjabat Walikota Ambon Frans J Papilaya dan pejabat Bank Maluku – Malut.

Papilaya dalam sambutannya menyatakan, Pajak dan retribusi merupakan salah salah satu sumber pendapatan daerah yang menjadi prioritas di Pemerintah Kota Ambon. “Pajak dan retribusi menjadi sumber prioritas karena Kota Ambon adalah kota jasa dan perdagangan,” kata Papilaya.

Ia mengakui, beberapa tahun terakhir ini Pemkot Ambon belum bisa mencapai pendapatan yang ditargetkan melalui pajak dan retribusi. Namun, pihaknya selalu terus mengevaluasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar dapat mencapai target.

“Terdapat banyak variabel, tapi saya kira ada satu variabel untuk melakukan pembenahan agar target pendapatan tercapai yakni dengan merubah sistim pembayaran pajak dan retribusi daerah,” kata Papilaya.

Lebih lanjut, kata Papilaya, setelah melakukan evaluasi, maka pemerintah Kota Ambon merubah sistim pembayaran Pajak dan Retribusi secara manual menjadi online. Menurutnya, mempersiapkan pembayaran pajak secara online bukan sesuatu yang mudah karena harus melakukan berbagai persiapan dan dukungan dari berbagai pihak.

“Saya sangat memberikan apresiasi atas kerja keras dari berbagai pihak karena memiliki komitmen untuk memberikan sebuah perubahan dalam pembayaran pajak dan retribusi,” katanya.

Setelah ini, pembayaran pajak dan retribusi dapat dilalukan secara online sehingga warga tidak perlu datang ke  Pemkot Ambon lagi. Papilaya  berharap, dengan adanya sistim pembayaran secara online dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. (IAN)