Pemkot Ambon-Belanda Akan Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

by
Sekot Ambon usai bertemu tim medis dari Belanda, Selasa (28/2). FOTO : IAN

AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerjasama dengan Pemerintah Belanda akan menggelar operasi  bibir sumbing gratis bagi masyarakat Kota Ambon yang kurang mampu. Operasi bibir sumbing ini akan dilaksanakan pada 6 Maret hingga 17 Maret 2017 di RSUD  dr. Haulussy Ambon.

“Saat ini  dua orang dokter yang akan melakukan bedah plastik operasi bibir sumbing  sudah datang dari Belanda yakni Tim Nootenboon dan Rob Boddaert,” kata Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru kepada wartawan di Ambon, Selasa (28/2) usai bertemu tim medis dari Belanda.

Ia menyatakan, operasi bedah plastik yang dilakukan bukan hanya untuk bibir sumbing saja, tapi operasi bedah plastik ini untuk luka bakar dan konstraktur. “Konstraktur itu operasi seperti jari yang melekat karena kecelakaan atau bawaan dari lahir, hal ini bisa dioperasi oleh mereka,” kata Latuheru.

Menurut Latuheru,  ada sekitar 11 orang tim medis  datang dari Belanda untuk menggelar  operasi plastik gratis kepada warga Kota Ambon yang kurang mampu. “Dokter yang datang itu yakni 2 orang dokter yang khusus bedah palstik, 2 orang dokter Anastesi, 4 orang asisten bedah, 1 orang asisten dokter dan 2 orang ahli pasang gif sudah tiba duluan di Kota Ambon,” ujar Latuheru.

Ia berharap warga  dari keluarga kurang mampu saat ini juga mendaftarkan diri agar bisa ikut operasi. Masyarakat bisa langsung mendaftar pada RSUD dr. Haulussy dan Puskesmas  terdekat di Kota Ambon. “Pendaftaran bukan hanya untuk warga  Kota Ambon tapi juga  untuk warga  kabupaten lainnya agar  bisa ikut  operasi tersebut,” katanya. (IAN)