Pemkot Ambon Bongkar Gedung Putih Pasar Mardika April

by
Sebagian pedagang tetap bertahan berjualan di Gedung Putih Pasar Mardika. FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Rencananya pemerintah Kota Ambon akan mulai pembongkaran Gedung Putih Pasar Mardika Ambon pada April. Ini merupakan upaya pemkot dalam merevitalisasi Pasar.

Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Roby Silooy, menyatakan pengerjaan itu segera dilakukan agar proses pembangunan lekas berlangsung.

Selama Maret, katanya merupakan proses lelang. Usai itu pemerintah kota sudah bisa turun dan melakukan pembongkaran.

“Kalau proses lelang selesai pada bulan Maret ini, berarti pembongkarannya sudah bisa dilakukan Bulan April hingga Mei. Karena biasanya itu pembongkaran dilakukan dua bulan,” ungkap Silooy pada wartawan di Ambon.

Gedung Putih merupakan bangunan empat lantai yang dibangun di area tengah pasar Arumbai. Pada bagian bawah atau lantai dasar dijadikan tempat berjualan sayuran, sembako serta telepon selaluar.

Sementara lapak-lapak di lantai lain ada yang dijadikan usaha salon kecantikan serta pusat baju bekas (cakar bongkar).

Sambil menunggu, pihaknya juga tengah menanti persetujuan dari pemerintah pusat untuk lelang. Memang, Silooy mengakui pembangunan Pasar Mardika yang baru berkesan lambat.

“Namun proses revitalisasi pasar akan tetap berjalan sesuai kesepakatan awal, yakni di 2021,” lanjut Silooy.

Dalam proyek ini, katanya, menerapkan sistem kontrak multi years. Tak heran jika proses pengerjaannya memakan waktu selama dua tahun. itu terhitung sejak 2021.

“Pekerjaannya bertahap, dan dikerjakan dalam kurun waktu tahun, oleh pemenang tender yang saat ini proses lelangnya sedang ditangani pihak Balai Cipta Karya Provinsi Maluku,” terang Robby. (PRISKA BIRAHY)