Pemkot Ambon Gelar Renungan Suci Peringati Pahlawan Patimura

by
Penjabat Walikota Ambon Frans J Papilaya meletakan karangan bunga di Pelataran Patimura Park, Senin (15/5). FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar upacara renungan suci dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Pattimura yang ke 200 tahun. Upacara dipimpin langsung Penjabat Walikota Ambon Frans J Papilaya di Pelataran Patimura Park, Senin (15/5) dinihari.

Pantauan Terasmaluku.com upacara peringatan dua abad Patimura ini dilakukan dengan menyalakan obor dan menaruh karangan bunga di depan Patung Patimura yang dilakukan oleh Papilaya.

Renungan ini juga dikelilingi  lingkaran obor suci yang ditahan oleh anak-anak Pramuka. Papilaya menyatakan, sebagai masyarakat Maluku harus bangga terhadap perjuangan Pahlawan Patimura karena dapat merebut kemerdekaan bangsa ini.

“Kita sebagai generasi muda Maluku saat ini harus meneruskan perjuangan bangsa ini. Untuk itu, kita punya tanggung jawab membangun Maluku dan Ambon lebih baik,” katanya.

Menurutnya, dua abad merupakan sejarah panjang perjuangan Patimura melawan bangsa penjajah, sehingga masyarakat Kota Ambon seluruhnya harus melakukan renungan panjang dan berdoa terhadap jasad para pahlawan ini.”Kita harus selalu mengingat dan memberikan doa terhadap para pahlawan yang telah mendahului kita,” kata Papilaya.

Ia berharap, melalui perayaan yang ke 200 tahun ini dapat memberikan semangat, motivasi dan menimbulkan semangat patriotisme kepada generasi muda Maluku serta selalu menjunjung tinggi nilai perjuangan dari para pahlawan. (IAN)